Menu

Mode Gelap
Komposisi Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Terbentuk, Gerindra Utus Pendatang Baru Hari Terakhir Libur Maulid, KAI Daop 9 Jember Berangkatkan 10 Ribu Penumpang Bacawagub Jatim Gus Hans Blusukan di Pasuruan, Perkuat Dukungan di ‘Jalur Hijau’ Cegah Balap Liar, Jalur Pantura Probolinggo Akan Dipasang Pita Kejut Miliki 11 Ribu Suara, PKS Kota Probolinggo Optimis Bisa Menangkan Habib Hadi – Zainal Arifin Seperti Era Kerajaan, Petani Lumajang Saling Serang Lawan Tikus

Peristiwa · 24 Agu 2023 18:30 WIB

Tak Kunjung Diperbaiki, Gedung SD Negeri di Lumajang Ambruk


					AMBRUK: Kondisi salah satu kelas di SD Negeri II Bondoyudo Lumajang pasca ambruk. (foto: Asmadi) Perbesar

AMBRUK: Kondisi salah satu kelas di SD Negeri II Bondoyudo Lumajang pasca ambruk. (foto: Asmadi)

Lumajang,- Satu ruang kelas di SD Negeri II Bondoyudo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang ambruk. Diduga, bangunan itu ambruk lantaran lapuk dimakan usia.

Informasi yang didapat oleh PANTURA7.com, kejadian itu berlangsung Minggu (20/8/2023) malam. Seluruh isi dalam ruang kelas, seperti kursi dan meja, rusak tertimbun reruntuhan atap dan tembok bangunan.

Kepala SD Negeri II Bondoyudo, Sri Indah Wahyuningsih mengatakan, gedung yang ambruk memang sudah lapuk sehingga tidak ditempati untuk kegiatan belajar mengajar. Untung saja, gedung ambruk tidak menimbulkan korban jiwa lantaran terjadi saat malam hari.

Meski sudah tidak layak ditempati, namun gedung tak kunjung diperbaiki. Akibatnya, siswa kelas I dan II digabung dalam satu kelas dengan cara disekat.

“Sejak saya pindah kesini, 5 bulan yang lalu, ruangan kelas disiini sudah disekat jadi dua. Padahal, kelas ini hanya diperuntukan untuk satu kelas,” kata Sri, Kamis (24/8/2023).

Pihak sekolah, dijelaskannya, sudah membuat laporan pengajuan bantuan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Lumajang pada (2/8) 2023 lalu.

“Sudah ada tanggapan dari dinas pada pengajuan awal, tapi belum sempat diperbaiki bangunan malah roboh. Jadi, laporan kondisinya kembali kita sampaikan, dan katanya akan di realisasikan tahun ini,” paparnya.

Dihubungi terpisah, kepala Dispendikbud Lumajang, Agus Salim menyebut, perbaikan SDN II Bondoyudo sebelumnya sudah diusulkan lewat dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“Hanya (dana bantuan) belum didapatkan hingga bangunan ambruk, sehingga kembali kita usulkan melalui dana ruang,” ungkap dia.

Pengajuan bantuan lanjut dia, sudah dilakukan kesekian kalinya sejak awal tahun lalu pasca pihaknya melakukan survei lokasi. Agus berjanji, secepatnya ia akan melakukan perbaikan.

“Untuk sementara, siswa dialihkan ke kelas lain dengan cara kelas disekat. Terkait waktu perbaikannya, tentu secepatnya akan dilakukan,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tindakan Berbahaya Viral di Medsos, Wisatawan Nekat Masuk Kawah Bromo

15 September 2024 - 17:24 WIB

Remaja 17 Tahun Tewas Usai Perkelahian di Winongan

12 September 2024 - 16:51 WIB

Barongan Bambu di Tongas Berdiri Sendiri karena Ulah Jin, Benarkah?

11 September 2024 - 15:07 WIB

Viral di Media Sosial, Pocong di Foto E-Tilang, Ternyata Hanya Bayangan

10 September 2024 - 23:06 WIB

Gegerkan Medsos, Barongan Bambu di Tongas Berdiri Sendiri Retelah 9 Bulan Roboh

10 September 2024 - 18:10 WIB

Pasca-Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Mulai Berjualan

10 September 2024 - 17:14 WIB

Polisi Selidiki Dugaan Penyebab Kebakaran Pasar Pasrepan, Tiga Saksi Diperiksa

9 September 2024 - 12:43 WIB

Kebakaran Pasar Pasrepan Ludeskan 227 Lapak dan 42 Kios, Pedagang Segera Direlokasi

9 September 2024 - 10:12 WIB

Pasar Pasrepan Pasuruan Terbakar, Ratusan Kios Ludes

9 September 2024 - 09:01 WIB

Trending di Peristiwa