Menu

Mode Gelap
Nambah Penghasilan, Jual SS, Pengusaha Pakan Burung di Pasuruan Ditangkap Pulang Hajatan Pernikahan, Dua Remaja Putri Tewas Tersambar KA Sah! Prabowo-Gibran Dilantik jadi Presiden-Wapres RI Toko Waralaba Disatroni Maling, Jumlah Kerugian Misterius Warung Godhong Gedhang Lumajang Sajikan Panorama Pedesaan dan Pemandangan Alam Pegunungan Serempet Dump Truk, Truk Tangki Pertamina Bocor di Lumajang

Hukum & Kriminal · 14 Mei 2024 17:23 WIB

Dapat Proyek HDDAP dari Kementan RI, Pemkab Lumajang Siapkan 811 Hektar Lahan di 3 Kecamatan


					TERIMA BANTUAN: Penyerahan bantuan HDDAP dari perwakilan Kementan RI kepada Pemkab Lumajang yang diterima Pj. Bupati. (foto: Asmadi). Perbesar

TERIMA BANTUAN: Penyerahan bantuan HDDAP dari perwakilan Kementan RI kepada Pemkab Lumajang yang diterima Pj. Bupati. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mendapatkan proyek dari Kementerian Pertanian soal pengembangan holtikultura dilahan kering, yang dikenal dengan nama Horticulture Development Dryland Area Project (HDDAP).

Penanggung Jawab Project HDDAP Lumajang, Ircham Ritadi mengatakan, Kabupaten Lumajang terpilih sebagai proyek percontohan dari 13 kabupaten/kota terpilih untuk pengembangan hortikultura pertanian di lahan kering.

“Proyek ini akan difokuskan pada pengelolaan lahan kering dengan prinsip konservasi tanah dan air, untuk mencegah degradasi lahan yang dapat mengakibatkan lahan menjadi tidak produktif,” kata Ircham, Senin (13/5/24).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, Hirul Diani menyebut, program HDDAP Kementerian Pertanian akan difokuskan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Senduro, Pasrujambe, dan Gucialit, dengan total lahan yang siap dikembangkan mencapai 811 hektar.

“Kami berharap untuk mendapatkan saran dan masukan yang dapat membantu memaksimalkan potensi lahan yang kami miliki,” ucap Hirul.

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengapresiasi upaya Kementan, yang berupaya mengembangkan pertanian di daerah. Ia berharap, langkah itu dapat memperkuat ketahanan pangan Kabupaten Lumajang.

“Menerima dengan baik apa yang akan dilakukan Kementan di wilayah Lumajang, semoga ini membantu dan melalui program ini Kabupaten Lumajang dapat mandiri dalam hal pangan,” tutur Pj. Bupati.

Menurutnya, program tersebut akan memfokuskan pada pengembangan tiga komoditas hortikultura, yaitu pisang, manggis, dan kentang.

Meski demikian, proyek tersebut tentu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas budidaya dan pengolahan hasil, serta memperluas akses pasar dan potensi ekspor, yang akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Lumajang.

“Dengan program HDDAP ini, kita tidak hanya mendapatkan bantuan bibit dan lain-lain, tetapi juga dibantu dalam teknis budidaya dan pemasaran. Semoga langkah ini bisa menjadikan Lumajang sebagai lumbung pangan di Jawa Timur,” pungkasnya. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Nambah Penghasilan, Jual SS, Pengusaha Pakan Burung di Pasuruan Ditangkap

20 Oktober 2024 - 15:40 WIB

Toko Waralaba Disatroni Maling, Jumlah Kerugian Misterius

20 Oktober 2024 - 10:31 WIB

Polisi di Probolinggo Ringkus 5 Orang Debt Collector usai Rampas Motor di Jalan

19 Oktober 2024 - 21:47 WIB

Maling Uang Kotak Amal Masjid An-Nur Ditangkap, Begini Tampangnya

18 Oktober 2024 - 20:26 WIB

Diparkir Depan Rumah, Honda Beat Warga Mangunharjo Mayangan Raib

17 Oktober 2024 - 17:19 WIB

Berkas Guru Ngaji Cabul asal Kraksaan Dilimpahkan ke Kejaksaan

16 Oktober 2024 - 18:54 WIB

Kotak Amal Masjid An-Nur Kota Probolinggo Dibobol Maling, Uang Rp2 Juta Raib

16 Oktober 2024 - 18:11 WIB

Pemuda di Pasuruan Bacok Teman Sendiri Usai Pesta Minuman Keras

16 Oktober 2024 - 13:16 WIB

Pelaku Pencurian Sepeda di Kota Pasuruan Ditangkap, Motif Ekonomi Jadi Alasan

16 Oktober 2024 - 12:05 WIB

Trending di Hukum & Kriminal