Menu

Mode Gelap
Berhari-hari Tidak Masuk Sekolah, Guru SMKN Wonomerto Ditemukan Meninggal di Rumahnya Diparkir Depan Rumah, Honda Beat Warga Mangunharjo Mayangan Raib Debat Perdana Pilbup Pasuruan 2024 Digelar Nanti Malam, Adu Gagasan Soal Kesejahteraan dan Kemajuan Daerah Tingkat Kerawanan Pilkada, Lumajang Masuk Kategori Empat Besar di Jatim DPRD Kabupaten Pasuruan Proses PAW Dua Anggota yang Mundur untuk Pilkada Tak Terdampak Deflasi, Penumpang dan Angkutan Barang KAI Daop 9 Jember Justru Meningkat

Hukum & Kriminal · 12 Jun 2024 21:04 WIB

Sepekan Bersembunyi di Hutan, Pelaku Pembacokan Tetangga di Bermi Menyerahkan Diri


					SERAHKAN DIRI: Usai menyerahkan diri, Budiono digelandang penyidik Polres Probolinggo ke ruang tahanan. (foto: Ali Ya'lu). Perbesar

SERAHKAN DIRI: Usai menyerahkan diri, Budiono digelandang penyidik Polres Probolinggo ke ruang tahanan. (foto: Ali Ya'lu).

Probolinggo,- Pelarian Budiono (50) terduga pelaku pembunuhan terhadap Nur Halima, warga Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, kini berakhir.

Pria paruh baya itu akhirnya digelandang aparat kepolisian, Rabu (12/6/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. Saat digelandang, Budiono mengenakan kaos polo hitam.

Kasatreskrim Polres Probolinggo, Iptu Putra Adi Fajar Winarsa menjelaskan, terduga pelaku diamankan setelah sebelumnya menyerahkan diri dan diantar oleh tetangganya ke Polsek Krucil.

Sebelumnya, pelaku melarikan diri dan bersembunyi ke hutan di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil selama beberapa hari. Hal itu dilakukan karena ia merasa terancam jika keluar dari persembunyiannya.

“Jadi ada saksi yang hendak ke ladang dan berpapasan dengan pelaku. Setelah diberi pengertian, pelaku akhirnya menyerahkan diri. Kebetulan saksi ini tetangganya,” kata Fajar.

Ia menjelaskan, sebelum pelaku menyerahkan diri, pihaknya sudah melakukan penggalangan kepada keluarga maupun tetangga pelaku.

Tujuannya, agar jika bertemu pelaku, ia diberikan pengertian dan pemahaman sehingga bersikap kooperatif dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Alhamdulillah, setelah dibujuk dan diberi pengertian, serta dijamin keamanannya, pelaku menyerahkan diri,” cetus Fajar.

Fajar menjelaskan, pelaku memang sudah ada niatan untuk menyerahkan diri. Akan tetapi, pelaku masih takut diamuk warga.

Hal inilah yang membuat pelaku memilih untuk bersembunyi dan tinggal di dalam hutan. “Saat ini pelaku sudah kami amankan di Mapolres Probolinggo,” ujar dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Budiono menghabisi nyawa tetangganya Nur Halimah (55), Rabu (5/6/24) pagi. Budiono menghabisi nyawa korban karena sakit hati lantaran dituduh telah mencuri pisang korban. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Artikel ini telah dibaca 177 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Diparkir Depan Rumah, Honda Beat Warga Mangunharjo Mayangan Raib

17 Oktober 2024 - 17:19 WIB

Berkas Guru Ngaji Cabul asal Kraksaan Dilimpahkan ke Kejaksaan

16 Oktober 2024 - 18:54 WIB

Kotak Amal Masjid An-Nur Kota Probolinggo Dibobol Maling, Uang Rp2 Juta Raib

16 Oktober 2024 - 18:11 WIB

Pemuda di Pasuruan Bacok Teman Sendiri Usai Pesta Minuman Keras

16 Oktober 2024 - 13:16 WIB

Pelaku Pencurian Sepeda di Kota Pasuruan Ditangkap, Motif Ekonomi Jadi Alasan

16 Oktober 2024 - 12:05 WIB

Perangkat Desa yang Curi Motor Selingkuhan, Ternyata Teman Sekolah Keponakan Korban

15 Oktober 2024 - 20:20 WIB

Diduga Diselewengkan, Dana Pendidikan Non Formal Dibidik Kejari Kabupaten Pasuruan

15 Oktober 2024 - 19:28 WIB

Keji! Perangkat Desa Rangkang Probolinggo Cekoki Selingkuhan dengan Pil Setan lalu Embat Motor

15 Oktober 2024 - 18:42 WIB

Maling Rental PS di Jl. Letjen Sutoyo Kota Probolinggo Diringkus Polisi

14 Oktober 2024 - 18:03 WIB

Trending di Hukum & Kriminal