Menu

Mode Gelap

Pemerintahan

Tingkatkan Kunjungan, Objek Wisata di Lumajang Terapkan Pembayaran via QRIS


badge-check

Reporter: 

20 Jun 2024 19:50 WIB 19.4K View ·


					DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi). Perbesar

DIGITALISASI: Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melaunching sistem pembayaran via QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu, Kamis (20/6/24). (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, pentingnya digitalisasi pembayaran untuk meningkatkan kemudahan akses wisatawan dan efisiensi dalam transaksi.

“Dengan QRIS, wisatawan tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar,” kata Yuyun saat melaunching QRIS di Obyek Wisata Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, Kamis (20/6/24).

“Mereka (pengunjung, red) kini dapat melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital,” imbuhnya.

Langkah tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan uang tunai, mendukung gerakan cashless society, serta mempercepat proses pembayaran di lokasi-lokasi wisata.

Kepala daerah yang akrab disapa Yuyun itu menyampaikan, Pemkab Lumajang terus berupaya mengajak seluruh objek wisata di kota pisang untuk terlibat dalam digitalisasi pembayaran.

“Hal tersebut sejalan dengan visi untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pengunjung, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata,” ujarnya.

Pembayaran digital dapat diakses di seluruh objek wisata di Kabupaten Lumajang. Saat ini, penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baru dilakukan di objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Lumajang seperti Selokambang Water Park.

“Dukungan dari pihak perbankan dalam digitalisasi pembayaran sangat kami syukuri. Saat ini, objek wisata seperti Tumpak Sewu juga sudah dapat melakukan pembayaran melalui QRIS,” terang dia.

Dengan kebijakan itu, diharapkan pariwisata Lumajang jadi lebih modern, efisien, dan menyediakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung dari dalam maupun luar daerah.

Disamping itu, Yuyun mengapresiasi partisipasi aktif dari pihak perbankan dalam mendukung inisiatif tersebut, sehingga proses pembayaran tiket dapat dimudahkan.

“Kami berharap kerja sama antara pemerintah, perbankan, dan pengelola objek wisata dapat terus ditingkatkan, sehingga pembayaran digital dapat diimplementasikan secara luas di semua destinasi wisata Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya

Pemkab Pasuruan Poles Alun-alun Bangil, Siapkan Sentra Kuliner hingga Amphiteater

1 Juli 2024 - 19:17 WIB 39.2K View

Isi Kekosongan Jabatan, Pemkab Probolinggo Mutasi 10 Pejabat Eselon II

29 Juni 2024 - 21:14 WIB 56.5K View

Masa Jabatan 314 Kades di Probolinggo Diperpanjang

29 Juni 2024 - 20:06 WIB 25.2K View

Digelar Sembilan Hari, Semipro 2024 Angkat UMKM Kota Probolinggo

29 Juni 2024 - 19:17 WIB 31.2K View

Taman Safari Prigen Hadirkan Wahana ATV Penuh Tantangan di Kaki Gunung Arjuna

28 Juni 2024 - 19:17 WIB 56.1K View

Trending di Wisata