Menu

Mode Gelap

Wisata

Bromo Ditutup Empat Hari, Wisatawan Jadwal Ulang Kunjungan


badge-check

Reporter: 

21 Jun 2024 16:49 WIB 58.5K View ·


					EKSOTIK: Kaldera Gunung Bromo tertutup kabut sehingga bak negeri diatas  awan. (foto: dok(. Perbesar

EKSOTIK: Kaldera Gunung Bromo tertutup kabut sehingga bak negeri diatas awan. (foto: dok(.

Probolinggo,- Balai sar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengeluarkan pengumuman penutupan kawasan wisata Gunung Bromo seiring adanya upacara Yadnya Kasada di kawasan itu.

Dampaknya, banyak wisatawan yang akhirnya menjadwal ulang (reschedule) kunjungannya ke Bromo hingga Yadnya Kasada tuntas digelar.

Penutupan wisata Gunung Bromo berlangsung Jumat-Senin (21-24/6/2024). Selain bertepatan dengan Yadnya Kasada, juga untuk pembersihan dan serta pemulihan ekosistem.

Adanya penutupan ini, membuat wisatawan menjadwal ulang kunjungan. Sebagian wisatawan bahkan tetap berkunjung namun ke obyek wisata alternatif.

Pemilik angkutan jip wisata, Soni Wahyu mengatakan, adanya penutupan ini membuat tamunya banyak yang melakukan reschedule. Baik memajukan jadwal kunjungan atau memundurkan jadwal kunjungan.

“Untuk pengumuman penutupan Bromo, terlalu mendadak, sehingga banyak tamu yang sudah booking akhirnya me-reschedule jadwal,” ujar Soni, Jumat (21/6/24).

Meskipun demikian, masih ada tamu yang tetap berkunjung ke Bromo karena sudah telanjur booking hotel dan tiket pesawat. Namun wisatawan yang datang hanya bisa mengunjungi tempat wisata di luar Lautan Pasir (Kaldera) Bromo salah satunya, Seruni Point.

Pada bulan Juni ini, kunjungan wisatawan khususnya asing mulai banyak. Sehingga sebelum penutupan Bromo banyak wisatawan asing yang datang ke Bromo.

“Sejak beberapa hari kemarin, yang menyewa jip saya kebanyakan wisatawan asing. Namun setelah Bromo dibuka kembali akan banyak wisatawan lokal yang datang karena bertepatan dengan libur sekolah,” papar Soni.

Hal senada diungkapkan, pemilik jip lainnya, Khoirul Umam. Dikatakan banyak wisatawan yang menjadwalkan ulang kunjungannya ke Bromo karena adanya penutupan.

Selain kebanyakan wisatawan mengetahui penutupan, ia juga telah menginformasikan penutupan tersebut ke sejumlah calon pengunjung.

“Jadi tamu-tamu ini banyak yang sudah tahu bahwa Bromo akan ditutup, makanya mereka menjadwalkan ulang kunjungannya ke Bromo,” terang Khoirul. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Taman Safari Prigen Hadirkan Wahana ATV Penuh Tantangan di Kaki Gunung Arjuna

28 Juni 2024 - 19:17 WIB 56.1K View

Apa Kabar Jembatan Kaca Bromo? Kapan Beroperasi?

26 Juni 2024 - 21:47 WIB 16.7K View

Yadnya Kasada Tengger Masih Jadi Primadona Wisatawan dan Umat Hindu

22 Juni 2024 - 12:08 WIB 29.6K View

Canangkan Military Tourism, TNI AU Bakal Latihan Tempur di Lumajang

21 Juni 2024 - 17:51 WIB 50.3K View

Tingkatkan Kunjungan, Objek Wisata di Lumajang Terapkan Pembayaran via QRIS

20 Juni 2024 - 19:50 WIB 19.4K View

Trending di Pemerintahan