Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Nasional · 9 Jul 2024 19:56 WIB

Tampilkan Atraksi Maut, Latihan Tempur TNI AU Sukses Pukau Warga Lumajang


					ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi). Perbesar

ANTUSIAS: Ratusan warga berdatangan untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU yang digelar di Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pagi buta, kawasan pesisir selatan Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten alumajang, sudah mulai disesaki warga. Selasa (9/7/24).

Warga seperti tak sabar untuk menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya TNI AU, yang bakal melakukan manuver dan sejumlah atraksi maut.

Sebagian warga bahkan rela berjalan kaki dari lokasi parkir kendaraan roda empat maupun roda dua yang cukup jauh dari pintu masuk AWR demi melihat latihan tempur prajurit-prajurit terbaik di tanah air itu.

Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI, Budhi Achmadi mengatakan, dalam latihan manuver udara, personel TNI AU mensimulasikan beberapa operasi udara, yang cukup berbahaya.

“Latihan ini menguji konsep operasi udara gabungan dalam Operasi Militer Perang (OMP), serta menguji kesiapan operasional jajaran Koopsud II TNI Angkatan Udara dihadapkan dengan tantangan tugas mendatang,” kata Budhi.

Ada tiga pangkalan udara tipe A yang dilibatkan dalam latihan ini, yakni dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahjudi Madiun dan Lanud Muljono Surabaya.

Menurut Budhi, latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Komando Operasi Udara II.

“Selain untuk latihan tempur, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat sejumlah alutsista yang dimiliki oleh TNI AU,” papar Budhi.

Usaha TNI AU menggelar latihan tempur di kota pisang tak sia-sia. Warga tampak antusias untuk menyaksikan langsung latihan Sikatan Daya 2024.

Salah seorang penonton, Reni mengaku bangga dengan alutsista yang di miliki TNI AU. Menurutnya, latihan tempur TNI AU yang dilakukan di AWR Pandanwangi ini sangat mengagumkan.

“Setelah melihat latihan tempur TNI Angkatan Udara, saya sendiri merasa bangga memiliki TNI sehebat dan sekuat ini,” ujar wanita asal Desa Kunir, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang ini. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Manuver Presiden Jokowi Usai Jabatan Berakhir, Gabung Partai Gerindra?

3 September 2024 - 09:22 WIB

Prabowo Subianto: Pemimpin Baru Indonesia yang Didukung Presiden Jokowi dan Isu Keretakan

2 September 2024 - 15:12 WIB

Apa yang Terjadi Jika Kotak Kosong Menang dalam Pilkada 2024? Ini Tahapan yang Harus Dilalui

2 September 2024 - 11:58 WIB

Pasar Djaman Bijen Warnai Perayaan HUT Kemerdekaan di Winongan Pasuruan

17 Agustus 2024 - 22:16 WIB

Khidmat! Saat Warga Tengger Upacara HUT Kemerdekaan di Lautan Pasir Bromo

17 Agustus 2024 - 14:03 WIB

Unik! Santri Bersarung Meriahkan Upacara HUT RI di Lumajang

17 Agustus 2024 - 10:43 WIB

Sempat Berpolemik, Paskibraka Putri di Lumajang Tetap Bakal Kenakan Hijab

15 Agustus 2024 - 20:53 WIB

GP Ansor Dukung Kadernya yang Maju Pilkada 2024, Termasuk di Kabupaten Probolinggo

13 Agustus 2024 - 09:00 WIB

Rayakan HUT Kemerdekaan, Warga Kota Probolinggo Lomba Masak Nasi Goreng

11 Agustus 2024 - 16:18 WIB

Trending di Nasional