Menu

Mode Gelap
Diparkir Depan Rumah, Honda Beat Warga Mangunharjo Mayangan Raib Debat Perdana Pilbup Pasuruan 2024 Digelar Nanti Malam, Adu Gagasan Soal Kesejahteraan dan Kemajuan Daerah Tingkat Kerawanan Pilkada, Lumajang Masuk Kategori Empat Besar di Jatim DPRD Kabupaten Pasuruan Proses PAW Dua Anggota yang Mundur untuk Pilkada Tak Terdampak Deflasi, Penumpang dan Angkutan Barang KAI Daop 9 Jember Justru Meningkat Setelah Penantian Panjang, Bunga Bangkai Raksasa Akhirnya Mekar di Kebun Raya Purwodadi

Politik · 12 Jul 2024 19:37 WIB

Pantau Coklit Pantarlih, Bawaslu Jatim Patroli Pengawasan di Kota Probolinggo


					PENGAWASAN: Komisioner Bawaslu Provinsi Jatim dan Bawaslu Kota Probolinggo berfoto dengan salah satu penghuni Rusunawa Bestari yang sudah dicoklit. (foto: Hafiz Rozani). Perbesar

PENGAWASAN: Komisioner Bawaslu Provinsi Jatim dan Bawaslu Kota Probolinggo berfoto dengan salah satu penghuni Rusunawa Bestari yang sudah dicoklit. (foto: Hafiz Rozani).

Probolinggo,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, Jumat sore (12/7/24), melaksanakan patroli pengawasan coklit di sejumlah lokasi di Kota Probolinggo.

Patroli pengawasan oleh Bawaslu Provinsi Jatim ini dilakukan oleh Komisioner, Koordinator Divisi Hukum, dan Diklat, Dewita Hayu Shinta, serta Komisoner Bawaslu Kota Probolinggo ini dilakukan di Rusunawa Bestari, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Ada 10 kepala keluarga (KK) yang dicek terkait coklit daftar pemilih, mulai dari form coklit yang diberikan pantarlih, hingga stiker yang dipasang di setiap unit atau setiap hunian.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan daftar pemilu khusus di rusunawa, apakah terdaftar atau tidak.

“Jadi untuk patroli pengawasan atau uji petik ini dilakukan agar proses coklit dilakukan sesuai prosedur, serta semua pemilih yang sudah memasuki kategori pemilih tidak ada yang tertinggal untuk didata, termasuk penyandang disabilitas,” ujar Dewita.

Dipilihnya Rusunawa Bestari menjadi salah satu lokasi patroli pengawasan atau uji petik, kata Dewita, karena di rusunawa itu penduduk terkonsentrasi dalam jumlah besar, juga terdapat pemilih penyandang disabilitas.

Hasilnya, dari uji petik yang dilakukan seluruh daftar pemilih tetap, ataupun daftar pemilih khusus sudah tercoklit sudah sesuai prosedur, dan tidak ada temuan yang berarti terkait prosedur coklit.

“Selain melakukan uji petik, bawaslu juga telah melakukan pengawasan melekat yang dilakukan oleh PKD untuk mengantisipasi tidak masuknya pemilih di data pemilih, serta potensi pindah pilih warga,” papar dia. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Hafiz Rozani


 

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Debat Perdana Pilbup Pasuruan 2024 Digelar Nanti Malam, Adu Gagasan Soal Kesejahteraan dan Kemajuan Daerah

17 Oktober 2024 - 17:10 WIB

Tingkat Kerawanan Pilkada, Lumajang Masuk Kategori Empat Besar di Jatim

17 Oktober 2024 - 14:09 WIB

Targetkan 100 Ribu Lebih, Relawan Bang Pur Siap Menangkan Bunda Indah dan Mas Yudha

12 Oktober 2024 - 17:30 WIB

PDIP Bantah Isu Dukung Kotak Kosong di Pilwali Kota Pasuruan, Tegaskan Solid Dukung Adi-Nawawi

12 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Bawaslu Kota Probolinggo Temukan Pelanggaran yang Dilakukan 4 Paslon, Apa Saja?

12 Oktober 2024 - 16:02 WIB

Gakkumdu Hentikan Penyelidikan Dugaan Pemalsuan Data LHKPN Cawabup Abd. Rasit, Begini Alasannya

12 Oktober 2024 - 13:41 WIB

Bawaslu Kota Probolinggo Gandeng Jurnalis Awasi dan Perangi Hoaks Pilkada Serentak 2024

11 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Optimalisasi Tenaga Kerja, Bunda Indah-Mas Yudha Jamin Prioritaskan Pekerja Lokal

10 Oktober 2024 - 22:57 WIB

Akhirnya, Cawabup Probolinggo Abd. Rasit Temui Gakkumdu

10 Oktober 2024 - 20:51 WIB

Trending di Politik