Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Pemerintahan · 14 Jul 2024 16:24 WIB

Pemkab Probolinggo Ambil Alih 45 Ruas Jalan Desa


					AMBIL ALIH: Pemeliharaan jalan dilakukan oleh Pemkab Probolinggo di salah satu ruas jalan di Kecamatan Besuk beberapa waktu lalu. (foto: dok). Perbesar

AMBIL ALIH: Pemeliharaan jalan dilakukan oleh Pemkab Probolinggo di salah satu ruas jalan di Kecamatan Besuk beberapa waktu lalu. (foto: dok).

Probolinggo,- Sepanjang 19 kilometer (Km) ruas jalan Kabupaten Probolinggo kini diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Meski demikian, hal itu tidak membuat ruas jalan yang menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berkurang, sebaliknya justru bertambah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahja Saputra mengatakan, hal itu disebabkan banyaknya jalan desa yang kini diambil alih oleh Pemkab Probolinggo, seperti halnya sejumlah ruas jalan yang menuju destinasi wisata.

Ia melanjutkan, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Probolinggo yang dikeluarkan pada Mei lalu, ada puluhan ruas jalan yang dilakukan downgrade dan upgrade.

Dalam artian, banyak jalan desa yang diambilalih pemerindah daerah, dan juga jalan kabupaten yang kini menjadi wewenang pemerintah desa.

“Adapun ruas jalan downgrade (kabupaten ke desa, red), terdapat sebanyak 22 ruas jalan dengan total panjang sekitar 23.420 Km. Ruas jalan ini ada di empat kecamatan yaitu, Kecamatan Dringu sembilan ruas, Krucil satu ruas, Sukapura dua ruas, dan Leces 10 ruas,” kata Hengki, Minggu (14/7/24).

Sementara, untuk ruas jalan upgarde (desa ke kabupaten) terdapat 45 ruas dengan total panjang 153.153 Km. Pengambilalihan ruas jalan ini dilakukan hampir pada semua kecamatan.

Termasuk ruas jalan akses menunu wisata lokal, di antaranya Wisata B30, Air Terjun Krucil, Pantai Bahak, Pantai Klasik, dan beberapa yang lain.

“Downgrade ruas jalan itu dikarenakan faktor LHR (Lalulintas Harian Rendah, red). Sehingga diberikan pada desa setempat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk upgrade ruas jalan, dilakukan karena banyak faktor. Salah satunya karena LHR yang tinggi. Adapun ambil-alih oleh pemerintah daerah untuk memaksimalkan perawatan.

Sebagai informasi, dengan adanya SK Bupati yang dikeluarkan Mei lalu itu, ruas jalan kabupaten mengalami penambahan panjang.

Sebelumnya, pada SK 2015 panjang jalan kabupaten mencapai 785.819 km dengan 188 ruas.

Dengan adanya SK terbaru itu, kini panjang jalan Pemerintah Kabupaten Probolinggo menjadi 905.814 km dengan 212 ruas.

“Total ruas jalan tersebut sudah dikurangi dengan ruas jalan yang telah diambil alih provinsi sepanjang 19.29 kilometer di tiga kecamatan yang merupakan akses ke wisata Gunung Bromo dari jalur Probolinggo barat,” Hengki memungkasi. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 513 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo

7 September 2024 - 16:35 WIB

Pemkot Probolinggo Tambah Sejumlah Fasilitas di Pasar Hewan Wonoasih, Telan Anggaran Rp500 Juta

6 September 2024 - 19:04 WIB

Pj Bupati Lumajang Punya 10 Poin yang Jadi Fokus Kerja

6 September 2024 - 13:20 WIB

Kendalikan Sampah, Pemkot Probolinggo Bentuk Satgas Khusus

5 September 2024 - 18:15 WIB

Tari Kolosal Pelajar Meriahkan Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-665

4 September 2024 - 20:06 WIB

Pemkab Lumajang Gelar Gerakan Pangan Murah

4 September 2024 - 16:51 WIB

Pemkab Lumajang Rekrut 107 CPNS, Dua Persen untuk Disabilitas

4 September 2024 - 15:54 WIB

Tujuh Mantan Anggota DPRD Belum Kembalikan Laptop Dinas

2 September 2024 - 15:35 WIB

AKP Siswandi Jabat Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota

31 Agustus 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan