Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Politik · 16 Jul 2024 19:58 WIB

KPU Kabupaten Pasuruan Jamin Hak Politik Penyandang Disabilitas Terpenuhi


					SOSIALISASI: Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Moh. Rois, saat sosialisasi Pilkada 2024 kepada penyandang disabilitas. (foto: Moh. Rois). Perbesar

SOSIALISASI: Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Moh. Rois, saat sosialisasi Pilkada 2024 kepada penyandang disabilitas. (foto: Moh. Rois).

Pasuruan,– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan Pemilu yang inklusif dan ramah difabel dalam Pilkada Serentak Tahun 2024.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 khusus bagi penyandang disabilitas, Selasa (16/7/2024).

Sosialisasi ini dihadiri oleh puluhan penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Kabupaten Pasuruan. Sejak awal, mereka tampak antusias mengikuti kegiatan hingga usai.

Dalam kesempatan ini, KPU menyampaikan informasi lengkap mengenai tahapan Pilkada 2024, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga pemungutan suara.

“Sosialisasi ini merupakan wujud kepedulian KPU Kabupaten Pasuruan terhadap teman-teman penyandang disabilitas,” ujar Mohamad Rois, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM.

Rois menjelaskan, KPU tidak hanya memberikan sosialisasi, tetapi juga menampung keluhan dan kendala yang dihadapi penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu sebelumnya.

“Kami ingin memastikan bahwa semua warga negara, termasuk penyandang disabilitas, dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah dan nyaman,” tegasnya.

Salah satu keluhan yang disampaikan oleh penyandang disabilitas adalah terkait dengan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Menanggapi hal tersebut, eks jurnalis ini mengatakan bahwa KPU akan segera berkoordinasi dengan divisi terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Semua aduan dan keluhan akan kami kumpulkan dan konsolidasikan dengan divisi lain, baik divisi teknis maupun pendataan. Hasil koordinasi ini akan kami sosialisasikan kembali kepada teman-teman penyandang disabilitas,” imbuhnya. (*)

 

 


Editor: Mohamad S
Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu

7 September 2024 - 19:48 WIB

Empat Bapaslon Cawali dan Cawawali Kota Probolinggo Dinyatakan Lolos Tes Medis

5 September 2024 - 21:13 WIB

Ketua PPDI Kabupaten Pasuruan Penuhi Panggilan Bawaslu Terkait Dugaan Ketidaknetralan

5 September 2024 - 17:21 WIB

Dalami Pesan Berantai Berkas Pendaftaran Bapaslon, Bawaslu Panggil Ketua Partai Gerindra Probolinggo

3 September 2024 - 19:22 WIB

Maskot Jatim Memilih Disambut Seni Kolosal di Lumajang

3 September 2024 - 17:24 WIB

KPU Umumkan Dua Pasangan Calon Bupati Pasuruan Lolos Uji Kesehatan

3 September 2024 - 16:51 WIB

Bawaslu Kabupaten Pasuruan Temukan PPDI dan ASN Melanggar

3 September 2024 - 16:14 WIB

Gus, Lora dan Nun di Probolinggo Bersatu, Siap Habis-habisan Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi

2 September 2024 - 23:48 WIB

Tes Kesehatan Bapaslon Bupati – Wakil Bupati Probolinggo Kelar, ini Hasilnya

2 September 2024 - 19:37 WIB

Trending di Politik