Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Wisata · 21 Jul 2024 20:17 WIB

Tawarkan Eksotika Alam, Pantai Greenthing Paiton Mulai Diburu Wisatawan


					DESTINASI BARU: Sejumlah pengunjung sedang mencari kerang di Pantai Greenthing Paiton saat matahari mulai terbenam. (foto: Istimewa). Perbesar

DESTINASI BARU: Sejumlah pengunjung sedang mencari kerang di Pantai Greenthing Paiton saat matahari mulai terbenam. (foto: Istimewa).

Probolinggo,- Kekayaan alam Kabupaten Probolinggo memang tidak perlu diragukan. Jika dikelola dengan tepat, kekayaan alam tersebut dapat dijadikan destinasi wisata, seperti halnya yang ada di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton.

Terletak di desa yang berada di sisi utara pulau Jawa, membuat desa tersebut berbatasan langsung dengan laut. Sehingga pantai menjadi potensi utama dari desa tersebut untuk dijadikan destinasi wisata.

Selain dari Pantai Duta, di desa tersebut kini juga ada destinasi wisata baru yakni, Pantai Greenthing (Greenthing Beach). Kekayaan alam yang melimpah, membuat destinasi wisata ini kini ramai dikunjungi wisatawan.

Kebanyakan wisatawan yang datang, merupakan para pelajar yang tengah mengisi libur sekolah. Selain untuk menikmati keindahan alam, para wisatawan juga biasanya mencari kerang.

Di Pantai Greenthing, memang terdapat banyak kerang yang bisa dicari. Para pengunjung, juga bisa membawa pulang hasil kerang yang didapat.

“Sunset-nya bagus dari sini. Jadi, sambil lalu menynggu sunset, busa digunakan untuk mencari kerang,” kata Misyati, salah seorang pengunjung.

Ia mengatakan, biasanya kerang yang dicarinya bersembunyi di balik hamparan pasir. Ada dua jenis kerang yang biasanya kerap ditemukan yakni, kerang bulu dan kerang kepah.

Biasanya, diameter kerang yang ditemukan berukuran sebesar 25 milimeter hingga 75 milimeter.

“Lumayan bisa dimasak ketika sudah sampai rumah,” ucap dia.

Lebih dari itu, Misyati mengatakan, suasana pantai juga cukup asri. Karena pepohonan mangrove dan cemara laut di lokasi tersebut.

Hal inilah yang membuatnya betah berlama-lama berada di tempat wisata kawasan pantai utara Kabupaten Probolinggo itu.

Salah seorang pengelola Pantai Greenthing, Farhan Abbas mengatakan, kebanyakan wisatawan memang banyak yang mencari kerang di lokasi wisata tersebut.

Ia pun mengungkapkan, waktu yang paling tepat untuk berwisata sambil mencari kerang adalah pada sore hari. Sebab di waktu tersebut, kondisi air laut tengah surut.

“Kalau surut akan lebih mudah mencari kerang.Biasanya yang ramai itu Sabtu – Minggu,” papar dia. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Haliza


 

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Wisatawan Sambut Baik Pengembalian Tiga Nama Destinasi Wisata Bromo

31 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Melihat Eksotika Sendang Sri dan Coban Waru, Destinasi Wisata yang Bakal Menggebrak Pasuruan

31 Agustus 2024 - 13:01 WIB

Menikmati Air Terjun Trap Sewu di Lumajang, Surga Tersembunyi dengan Seribu Tangga

25 Agustus 2024 - 13:12 WIB

Belum Diresmikan, Dispopar Buka Jembatan Kaca di Bromo secara Terbatas

23 Agustus 2024 - 18:27 WIB

1.600 Pelari dari 22 Negara Siap Berlari di Kaki Gunung Bromo

22 Agustus 2024 - 20:18 WIB

TNBTS dan Tokoh Tengger Kembalikan Identitas Destinasi Wisata di Bromo

18 Agustus 2024 - 19:09 WIB

Eksotika Bromo Festival 2024, Menparekraf Sandiaga Bacakan Puisi Kidung Tengger

28 Juli 2024 - 23:37 WIB

Air Terjun Tumpak Sewu Banjir Cuan, Pengelolaan Jadi Rebutan

28 Juli 2024 - 20:35 WIB

Ajang Promosi Wisata, 220 Fotografer Mancanegara Kunjungi Kota Probolinggo

27 Juli 2024 - 20:27 WIB

Trending di Wisata