Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Budaya · 24 Jul 2024 19:15 WIB

Besok, Explore Piodalan #2 Bakal Digelar di Pura Lereng Gunung Semeru


					PIODALAN: Umat Hindu saat menggelar ritual Piodalan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang. (foto: Asmadi). Perbesar

PIODALAN: Umat Hindu saat menggelar ritual Piodalan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Pura Mandhara Giri Semeru Agung berada di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabuapten Lumajang. Pura di kaki gunung Semeru ini menjadi salah satu pura yang dituakan oleh Ummat Hindu di Indonesia.

Meski Bali terkenal dengan  warga yang mayoritas menganut Agama Hindu, namun keberadaan pura tertua di Indonesia justru berada di Kabupaten Lumajang, yang berjuluk Kota Pisang.

Sebagai tempat ibadah umat Hindu, tentu agak janggal mendengar pura tertua di Indonesia dibangun di kota yang sebagian besar warganya beragama non-Hindu.

Tetapi, inilah Indonesia yang sebenarnya. Negeri yang amat menjunjung tinggi keanekaragaman, tanpa terpisah tembok perbedaan.

Pura yang dituakan oleh Ummat Hindu itupun tidak pernah sepi, ada berbagai kegiatan seperti kesenian, upacara Ummat Hindu, dan acara lain yang digelar oleh pemerintah desa, kecamatan pun kabupaten.

Nah, bagi masyarakat yang ingin menambah wawasan dan mengetahui lebih dalam mengenai Pura Mandara Giri Semeru Agung, bisa datang ke pura, Kamis (25/7/2024) besok.

Sebab di pura, ada komunitas Aesthetic Squad Lumajang yang akan menggelar kegiatan bertajuk Explore Piodalan #2, sejak pukul 14.00 WIB.

Salah satu panitia acara, Rahmat Arif Triantono mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan budaya bangsa kepada masyarakat, terutama generasi muda.

“Tujuannya, agar anak-anak muda bisa mengetahui tentang budaya dan potensi lokal yang ada di Lumajang,” kata Rahmat saat dikonfirmasi di Pura Mandgara Giri Semeru Agung, Rabu (24/7/2024).

“Acara tersebut juga akan diisi dengan pertujukan pagelaran seni mahasiswa Chandarwa Singaraja, Bali serta explore dan sharing tentang Pura Mandara Giri Semeru Agung,” jelasnya.

Agar kian menarik, imbuhnya, panitia akan memberi kesempatan kepada tiga orang narasumber yang tahu betul tentang sejarah dan makna soal pura.

“Jadi ada tiga narasumber, yang pertama itu dari pure sendiri, kemudian yang kedua yang mengerti sejarah purenya, dan yang ke tiga dari Bali,” paparnya.

Rahmat berharap, acara tersebut dapat memberikan pengetahuan dan wawasan sekaligus menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap kebudayaan yang ada di Lumajang.

“Harapannya generasi muda Lumajang nantinya dapat mengetahui tentang potensi lokalnya, sekaligus menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap kebudayaan yang ada di Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Krecek Rebung, Jadi Ikon Kuliner Lumajang

2 September 2024 - 16:03 WIB

Lestarikan Kuliner Tradisional, Lumajang Gelar Sapar Agung

1 September 2024 - 12:58 WIB

Ada Festival Segoro Topeng Kali Wungu di Lumajang, Bikin Pelaku UMKM Sumringah

25 Agustus 2024 - 21:13 WIB

Tari Sodoran di Hari Raya Karo Pukau Wisman

20 Agustus 2024 - 18:26 WIB

Hari Raya Karo, Warga Lereng Bromo Gelar Tari Sodoran

20 Agustus 2024 - 17:34 WIB

Ikuti ‘Surabaya Fashion Parade 2024’, Tiga Model Kenalkan Batik Khas Kota Probolinggo

16 Agustus 2024 - 21:24 WIB

Tidak Cerminkan Proses, Batik Printing Bukan Lagi Produk Batik

25 Juli 2024 - 10:35 WIB

Warga Kalibuntu Probolinggo Gelar Petik Laut, Larung Hasil Bumi ke Tengah Laut

22 Juli 2024 - 22:26 WIB

Piodalan di Lumajang, Warga Tawur Agung Panca Wali Krama di Pura Mandhara Giri Semeru

18 Juli 2024 - 19:23 WIB

Trending di Budaya