Menu

Mode Gelap
Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik Sempat Digondol Maling, Sapi Warga Desa Curahtulis Probolinggo Ditemukan di Persawahan

Berita Pantura · 26 Jul 2024 13:32 WIB

Nyaru Anggota TNI, Warga Blimbing Probolinggo Ploroti Janda asal Blitar


					DITEMBAK: Tersangka ditembak pada bagian kaki oleh anggota Satreskrim Polres Probolinggo karena melawan saat akan disergap. (foto: Ali Ya'lu). Perbesar

DITEMBAK: Tersangka ditembak pada bagian kaki oleh anggota Satreskrim Polres Probolinggo karena melawan saat akan disergap. (foto: Ali Ya'lu).

Probolinggo,- Pelarian HA (35), terduga pelaku pencurian berakhir. Warga Desa Blimbing, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, itu akhirnya ditangkap polisi.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana mengatakan, HA ditangkap Minggu (21/7/2024) lalu. Aksi pencurian ini bermula saat pelaku berkenalan dengan SW (39) lewat media sosial Tiktok.

SW merupakan warga Desa Gondang, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Keduanya lantas menjalin komunikasi yang cukup intens.

Kepada SW, HA mengaku berdomisili di Jember dan bertugas sebagai anggota TNI 0820 Probolinggo. HA kemudian berjanji akan menikahi SW.

“Tersangka kemudian datang ke Blitar, dan mengajaknya untuk bertemu Dandim 0820 Probolinggo untuk dikenalkan dan dinikahi,” kata Kapolres Wisnu saat menggelar konferesnsi pers di Mapolres Probolinggo, Jumat (26/7/24).

Korban menuruti kemauan tersangka. Ia berangkat ke Probolinggo menggunakan motornya sembari membawa uang Rp 300 ribu dan cincin emas seberat 1,6 gram.

Sesampainya di Probolinggo, korban tidak dibawa ke Dandim, justru hanya diajak berkeliling. Ketika tiba di hutan jati di Kecamatan Kotaanyar, korban disuruh turun dari motor, yang diikuti oleh tersangka.

Kemudian tersangka mengambil barang-barang milik perempuan dengan status janda itu. Diantaranya handphone, motor, dan uang tunai.

“Tersangka juga memukul korban di bagian kepala dengan batu. Beruntung saat itu korban masih menggunakan helm,” ujarnya.

Pasca kejadian yang berlangsung Senin (15/7/2024) lalu itu, korban pun langsung melapor ke Polsek Kotaanyar. Pasca mendapat aduan dari korban, petugas bergerak melakukan penyelidikan.

Tepat pada Minggu (21/7/2024) lalu, tersangka terdeteksi keberadaannya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kotaanyar. Saat upaya penangkapan berlangsung, tersangka berupaya kabur dan melakukan perlawanan.

Tembakan peringatan sudah sempat diberikan, namun tersangka tetap berulah. Akhirnya, petugas menghadiahi timah panas yang tepat bersarang di sekitar mata kaki kanan tersangka.

“Kami berikan tindakan tegas dan terukur,” tandas Kapolres Wisnu.

Akibat perbuatannya itu, kini HA harus mendekam di balik dinginnya jeruji besi. Ancaman hukuman tengah menantinya sebagai bentuk pertanggung jawaban atas tindak kriminal yang dilakukan.

“Kami jerat dengan pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan kekeraaan,” Kapolres Wisnu menegaskan.

Sementara itu, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto mengatakan, aksi kriminal yang dilakukan pelaku dengan mengaku sebagai anggota TNI sudah kerap terjadi, utamanya di media sosial.

Tak hanya di Probolinggo, namun juga terjadi di daerah lainnya. Ia pun meminta masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar tidak menjadi korban tindak kriminal.

“Kami tegaskan, tersangka bukanlah anggota TNI Probolinggo,” terang Heri. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 190 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Roda 3 Tabrak Truk di Jalur Pantura Gending, Sopir dan Penumpang Tewas

2 September 2024 - 10:00 WIB

Meresahkan! Pebalap Liar Mengamuk dan Rusak Bus di Jalur Pantura Kraksaan

1 September 2024 - 11:33 WIB

Siasat Pemkab Lumajang Sejahterakan Guru non-NIP, Honor Dicairkan dengan Skema Peningkatan Kompetensi

7 Agustus 2024 - 12:11 WIB

Musim Kemarau, Empat Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Terdampak Kekeringan

26 Juli 2024 - 20:53 WIB

Tentara Gadungan Perampok Janda, Dua Kali Gagal Tes Seleksi TNI

26 Juli 2024 - 20:36 WIB

Partai Golkar Keluarkan Surat Tugas ke Gus Haris – Ra Fahmi untuk Pilkada Probolinggo

26 Juli 2024 - 14:53 WIB

KA Blambangan Express Catat Rekor, Tempuh Rute Terjauh Banyuwangi – Jakarta

25 Juli 2024 - 21:51 WIB

Pemkab Lumajang Bebaskan Pajak APK Bacakada

25 Juli 2024 - 21:11 WIB

Polres Probolinggo Buru Guru Ngaji yang Diduga Cabuli Santriwatinya

25 Juli 2024 - 19:19 WIB

Trending di Berita Pantura