Menu

Mode Gelap
Pemkab Lumajang Perkuat Layanan Publik Berbasis Digital Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rusdi-Shobih Kunjungi Bawaslu Gudang Kayu Gaharu di Mayangan Terbakar, Segini Kerugiannya Berkat Tanggal Lahir, Belasan Bayi Dapat Kado dari Pemkot Probolinggo Gudang Plastik di Purwosari Pasuruan Terbakar, Warga Panik

Wisata · 27 Jul 2024 19:51 WIB

Sandiaga Uno Apresiasi Kurma Park Pasuruan, Perkuat Posisi Indonesia sebagai Pusat Wisata Halal


					DISKUSI: Sandiaga dalam acara 'Diskusi Bareng Komunitas (Di BaTas)' yang berlangsung di Kurma Park, Pasuruan, Sabtu (26/7/2024). (foto: Moh. Rois). Perbesar

DISKUSI: Sandiaga dalam acara 'Diskusi Bareng Komunitas (Di BaTas)' yang berlangsung di Kurma Park, Pasuruan, Sabtu (26/7/2024). (foto: Moh. Rois).

Pasuruan,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan apresiasi atas lahirnya ‘Kurma Park’ di Kabupaten Pasuruan. Destinasi wisata ini dinilai sangat potensial untuk mendorong pertumbuhan pariwisata halal di Indonesia.

“Dengan adanya Kurma Park, kita semakin dekat dengan target menjadikan Indonesia sebagai pusat wisata halal dunia,” ujar Sandiaga dalam acara ‘Diskusi Bareng Komunitas (Di BaTas)’ yang berlangsung di Kurma Park, Pasuruan, Sabtu (26/7/2024).

Sandiaga menjelaskan bahwa Kurma Park tidak hanya sekadar kebun kurma biasa. Ini adalah destinasi wisata edukasi yang menggabungkan kearifan lokal dengan sentuhan modern.

“Konsep ini, sangat menarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” papar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Muslim di Indonesia mencapai lebih dari 207 juta jiwa. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Bahkan Indonesia sendiri telah menempati posisi pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) dalam dua tahun berturut-turut.

“Prestasi Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia selama dua tahun berturut-turut harus kita pertahankan dan tingkatkan,” ucapnya.

Sandiaga juga menekankan bahwa wisata halal bukan hanya untuk wisatawan Muslim. Semua orang, tanpa memandang agama, dapat menikmati fasilitas dan layanan yang disediakan dalam wisata halal.

“Yang terpenting adalah kualitas layanan dan fasilitas yang diberikan harus memenuhi standar halal,” tambah Sandiaga.

Pemilik Kurma Park, Rusti Widayati mengungkapkan alasan di balik langkahnya mendirikam destinasi wisata ala Timur Tengah ini.

“Saya ingin Pasuruan memiliki produk unggulan yang bisa menarik wisatawan. Setelah melakukan penelitian, saya memutuskan untuk mengembangkan kebun kurma,” tuturnya.

Rusti berharap Kurma Park bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan potensi wisata lokal.

“Kami akan terus berinovasi agar Kurma Park semakin menarik dan menjadi ikon wisata halal di Pasuruan,” imbuh wanita berhijab ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, menyambut positif pengembangan wisata halal di daerahnya.

“Kami akan terus mendukung para pelaku usaha pariwisata untuk mengembangkan produk-produk yang berkualitas,” janjinya Yudha.

Ia berharap, dengan adanya Kurma Park, kunjungan wisatawan ke Pasuruan akan semakin meningkat.

“Kurma Park ini akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Moch. Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Wisatawan Sambut Baik Pengembalian Tiga Nama Destinasi Wisata Bromo

31 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Melihat Eksotika Sendang Sri dan Coban Waru, Destinasi Wisata yang Bakal Menggebrak Pasuruan

31 Agustus 2024 - 13:01 WIB

Menikmati Air Terjun Trap Sewu di Lumajang, Surga Tersembunyi dengan Seribu Tangga

25 Agustus 2024 - 13:12 WIB

Belum Diresmikan, Dispopar Buka Jembatan Kaca di Bromo secara Terbatas

23 Agustus 2024 - 18:27 WIB

1.600 Pelari dari 22 Negara Siap Berlari di Kaki Gunung Bromo

22 Agustus 2024 - 20:18 WIB

TNBTS dan Tokoh Tengger Kembalikan Identitas Destinasi Wisata di Bromo

18 Agustus 2024 - 19:09 WIB

Eksotika Bromo Festival 2024, Menparekraf Sandiaga Bacakan Puisi Kidung Tengger

28 Juli 2024 - 23:37 WIB

Air Terjun Tumpak Sewu Banjir Cuan, Pengelolaan Jadi Rebutan

28 Juli 2024 - 20:35 WIB

Ajang Promosi Wisata, 220 Fotografer Mancanegara Kunjungi Kota Probolinggo

27 Juli 2024 - 20:27 WIB

Trending di Wisata