Menu

Mode Gelap
Bunda Indah Fokus Sejahterakan Masyarakat, bukan Artis Cabup Lumajang, Indah Amperawati Sentil Thoriqul Haq Soal UMK Ada Penilaian Adipura, Bawaslu dan Satpol PP Cabuti APK yang Terpaku di Pohon Polisi Buru Truk yang Diduga Tabrak Elf di Tol Paspro Lumajang Rawan Sabu-Sabu dan Ganja Duh! Pria Tuna Wicara Gasak Uang Kotak Amal Musholla

Internasional · 1 Sep 2024 13:50 WIB

Bromo Marathon Diikuti 1.600 Pelari dari 22 Negara


					Peserta Bromo Marathon 2024 berlomba lari. Perbesar

Peserta Bromo Marathon 2024 berlomba lari.

Pasuruan, – Bromo Marathon 2024 kembali digelar hari ini, Minggu (1/9/2024) pagi. Sekitar 1.600 pelari dari 22 negara berpartisipasi dalam ajang tahunan yang kini telah mencapai edisi ke-11 ini.

Dengan titik start di Plataran Bromo, para peserta disuguhi pemandangan alam yang indah serta udara pegunungan yang sejuk.

Tak hanya itu, sebelum start, para peserta disuguhkan berbagai pertunjukan kesenian lokal, yang menambah kekayaan pengalaman mereka. Habib Tiour, salah satu peserta dari Prancis, menyatakan kekagumannya.

“Baru pertama kali ini saya ikut, selain menjaga kesehatan juga saat berlari kita bisa melihat pemandangan yang bagus. Waktu lari juga udaranya sangat sejuk,” ujarnya.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menegaskan, ajang ini telah menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

“Bromo Marathon ini sudah 11 kali digelar, dan setiap tahun jumlah pesertanya bertambah banyak. Tahun depan, saya optimis peserta dari lebih banyak negara akan ikut serta,” katanya.

Andriyanto juga melihat potensi besar dalam even ini untuk memperkuat pariwisata Kabupaten Pasuruan.

“Bayangkan jika semua peserta dari berbagai negara ini memposting di Instagram masing-masing. Ya, wisata Bromo akan semakin terkenal,” tambahnya.

Tidak hanya pemerintah, dukungan penuh juga datang dari pihak swasta. General Manager Plataran, Gede Ariawan dan Boris Mihaljevic menyatakan komitmen mereka dalam mendukung sport tourism di Indonesia.

“Dengan diselenggarakannya Bromo Marathon di Plataran Bromo, ini merupakan bentuk kontribusi Plataran Indonesia dalam mendukung sport tourism. Acara ini sangat meningkatkan perekonomian warga sekitar, terbukti dengan terlibatnya UMKM dan penuhnya homestay masyarakat,” jelas Gede.

Diberitakan sebelumnya, Bromo Marathon 2024 diikuti 1.600 peserta dari 22 negara. Selain Indonesia, peserta juga berasal dari negara-negara seperti, Australia, Jepang, Korea, hingga Amerika Serikat.

Acara ini mengangkat tema “Kasada,” yang terinspirasi dari upacara adat Suku Tengger sebagai penghormatan kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur.

Dengan mengusung tema tersebut, penyelenggara berharap dapat memperkenalkan budaya Tengger kepada para peserta dari berbagai negara, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan tradisi leluhur. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tiap Tahun, Jumlah Pekerja Migran Indonesia asal Lumajang Terus Bertambah

27 Juni 2024 - 08:22 WIB

Jadi Pemasok Energi Listrik di WWF ke-10 Bali, Pengamanan PLTU Paiton Diperketat

21 Mei 2024 - 12:45 WIB

Dalam Keadaan Sakit, Emak-emak asal Jorongan Probolinggo Dideportasi dari Malaysia

5 Maret 2024 - 19:04 WIB

Membanggakan! Polwan asal Kota Pasuruan jadi Lulusan Terbaik Turkish National Police Academy

31 Juli 2023 - 20:09 WIB

Sajikan Teh Herbal Berbekal “Bonggol Jagung”, 4 Santri Genggong Raih Medali di Korea

20 Januari 2022 - 16:57 WIB

Arab Saudi Hentikan Visa Umroh, Anisa Syakur; Uang Jamaah Harus Selamat

28 Februari 2020 - 13:46 WIB

Masa Karantina Usai, Khofifah Siapkan 3 Rumah Sakit Bagi 65 Warga Jatim

14 Februari 2020 - 09:13 WIB

Virus Corona Merebak, 1.360 Warga China Serbu Jatim

10 Februari 2020 - 15:51 WIB

Kantor Imigrasi Surabaya Tolak 5 WNA Masuk Indonesia

10 Februari 2020 - 15:19 WIB

Trending di Internasional