Menu

Mode Gelap
Bunda Indah dan Mas Yudha Didukung Raffi Ahmad dan Ketua DPP Partai Nasdem Petani Lumajang Terus Bergerak Tingkatkan Perekonomian Lumajang Jalan Perbatasan Probolinggo – Jember Amburadul, Warga Perbaiki Secara Swadaya Stabilkan Bahan Pokok, Pemkab Lumajang Operasi Pasar di Tujuh Kecamatan Petani di Pasrujambe Lumajang Minta Saluran Irigasi Polisi Tangkap Terduga Pencuri Aki Truk, Dua Lainnya Buron

Wisata · 13 Sep 2024 09:32 WIB

Indahnya Sunrise di Ranu Regulo di Lereng Semeru Lumajang


					Dari kejauhan, sinar matahari perlahan naik, membuat kesan pancaran cahaya dari balik pohon-pohon tinggi di sekitar Ranu Regulo. Perbesar

Dari kejauhan, sinar matahari perlahan naik, membuat kesan pancaran cahaya dari balik pohon-pohon tinggi di sekitar Ranu Regulo.

Lumajang, – Pagi sudah tiba, kabut tebal seolah membungkus seluruh bagian permukaan Ranu Regulo, Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Dari kejauhan, sinar matahari perlahan naik, membuat kesan pancaran cahaya dari balik pohon-pohon tinggi di sekitar Ranu Regulo.

Beberapa pengunjung yang sebelumnya berada di dalam tenda, kemudian keluar dan menuju ke tepi ranu. Mereka ingin merasakan hangatnya sinar matahari pada pagi itu.

Sebagian dari mereka ada yang berdiri di dermaga kecil di dekat danau. Sebagian lagi ada yang sibuk mengabadikan pemandangan yang jarang didapatkan ketika berada di kota.

Pengunjung rata-rata datang ke Ranu Regulo pada malam hari. Tujuannya agar bisa mendapat sunrise keesokan harinya. Salah satunya seperti yang dilakukan pengunjung bernama Miftahul Huda.

Ia bersama teman-temannya berangkat pada pukul 13.00, baru sampai di Ranu Regulo sekitar pukul 00.00 WIB.

Mereka kemudian membangun tenda di sekitar danau yang jaraknya kurang lebih 100 meter dari bibir danau. Huda bersama teman-temannya memang sengaja berangkat malam agar bisa mendapat sunrise keesokan harinya.

“Memang sengaja berangkat tengah malam, tujuannya agar pada pagi hari mendapatkan pemandangan sunrise Ranu Regulo,” katanya, Jumat (13/9/24).

Menurut Huda, Ranu Regulo memang sangatlah cocok untuk dijadikan salah satu destinasi bagi para pemburu sunrise di pagi hari. Sebab, selain jalur yang cukup mudah ditempuh, untuk menuju Ranu Regulo, hanya dibutuhkan waktu sekitar tiga menit dari Pos Resort Ranu Pane yang berada di atasnya.

Aksesnya pun cukup mudah. Bahkan, jalan setapaknya sudah di-paving beton. Sehingga mempermudah bagi wisatawan yang berjalan kaki.

“Ranu Regulo ini juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah eksotis dibanding dua ranu lainnya yakni, Ranu Kumbolo dan Ranu Pane,” kata Huda.

Irma, warga setempat menyampaikan, kalau Ranu Regulo menjadi tempat singgah bagi para pendaki yang hendak melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Semeru.

“Ranu Regulo ini memang sering dijadikan tempat persinggahan para pendaki Sebab, selain tempatnya yang enak, pemandangannya pun tak kalah menariknya dengan Ranu Kumbolo,” pungkasnya. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Memupus Kejenuhan di Hutan Pinus Lumajang

15 September 2024 - 10:27 WIB

Ranu Regulo, Suasana Camping Ala Eropa di Lumajang

15 September 2024 - 10:13 WIB

Wisatawan Sambut Baik Pengembalian Tiga Nama Destinasi Wisata Bromo

31 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Melihat Eksotika Sendang Sri dan Coban Waru, Destinasi Wisata yang Bakal Menggebrak Pasuruan

31 Agustus 2024 - 13:01 WIB

Menikmati Air Terjun Trap Sewu di Lumajang, Surga Tersembunyi dengan Seribu Tangga

25 Agustus 2024 - 13:12 WIB

Belum Diresmikan, Dispopar Buka Jembatan Kaca di Bromo secara Terbatas

23 Agustus 2024 - 18:27 WIB

1.600 Pelari dari 22 Negara Siap Berlari di Kaki Gunung Bromo

22 Agustus 2024 - 20:18 WIB

TNBTS dan Tokoh Tengger Kembalikan Identitas Destinasi Wisata di Bromo

18 Agustus 2024 - 19:09 WIB

Eksotika Bromo Festival 2024, Menparekraf Sandiaga Bacakan Puisi Kidung Tengger

28 Juli 2024 - 23:37 WIB

Trending di Wisata