Menu

Mode Gelap
Dapat Memicu Kecelakaan, Angkutan Umum Dilarang Pasang Foto Paslon Ratusan Warga Lumajang Berebut Empat Gunungan Gerbas Tani di Desa Kedungrejo Jadi Replikasi Percontohan di Daerah Lumajang Si Jago Merah Hanguskan Gudang Milik Dinas Pertanian di Kejayan Disangkakan Korupsi Dana Desa, Eks Kades Sidodadi Paiton Ditahan Tiga Lokasi di Kawasan TNBTS Senduro Lumajang Ditanami Ganja

Peristiwa · 17 Sep 2024 17:53 WIB

Bakar Sampah Sembarangan, Lahan di Dua Lokasi Terbakar


					TERBAKAR: Petugas Damkar Kota Probolinggo berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di Jl. Arief Rahman Hakim. (foto: Hafiz Rozani)
Perbesar

TERBAKAR: Petugas Damkar Kota Probolinggo berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di Jl. Arief Rahman Hakim. (foto: Hafiz Rozani)

Probolinggo,- Kebakaran lahan gambut terjadi di Kota Probolinggo, Selasa siang (17/09/24). Kebakaran terjadi di dua lokasi sekaligus.

Kebakaran lahan pertama terjadi di Jalan Serma Abdurahman, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan.

Musibah ini diketahui kala Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo mendapat laporan sekitar pukul 10.00 WIB.

Berbekal laporan tersebut, Damkar Kota Probolinggo kemudian menerjunkan dua unit mobil Damkar ke lokasi kejadian untuk mengendalikan si jago merah.

Tak berselang lama, petugas Damkar Kota Probolinggo kembali menerima laporan kebakaran lahan yang berada di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigatan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menerjunkan 1 unit mobil damkar.

“Jadi siang ini kita menerima dua laporan kebakaran lahan yang waktunya bersamaan. Dua lahan yang terbakar di dua lokasi ini dekat dengan pemukiman, namun api sudah berhasil dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke rumah warga,” ujar Kabid Damkar Kota Probolinggo, Abdul Kholik.

Kholik mengungkapkan, dua kebakaran lahan yang terjadi lebih besar dan luas di Jalan Arief Rahman Hakim. Selain dekat rumah warga, juga dekat dengan area pemakaman.

Untuk pemadaman dua lahan yang terbakar, petugas membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Kebakaran dua lahan ini diduga terjadi karena adanya bakar-bakar sampah yang dibiarkan tanpa pengawasan.

“Jadi dua kebakaran lahan ini diawali adanya warga yang bakar sampah, kemudian api dari bakar sampah tersebut merembet membakar ilalang atau daun kering disekitarnya,” ujarnya

Data Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo, selama sepekan ini telah terjadi 5 kali kebakaran lahan di Kota Probolinggo. Atas hal itu, petugas mengimbau agar warga tidak bakar sampah sembarangan.

“Karena kondisi angin yang bertiup kencang, maka kami mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah, lebih baik sampah yang sudah dibersihkan dibuang ke tempat sampah,” imbau Kholik. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Si Jago Merah Hanguskan Gudang Milik Dinas Pertanian di Kejayan

19 September 2024 - 13:27 WIB

Terserempet dan Terlindas Truk di Gempol, Pelajar Tewas

18 September 2024 - 14:44 WIB

Tindakan Berbahaya Viral di Medsos, Wisatawan Nekat Masuk Kawah Bromo

15 September 2024 - 17:24 WIB

Remaja 17 Tahun Tewas Usai Perkelahian di Winongan

12 September 2024 - 16:51 WIB

Barongan Bambu di Tongas Berdiri Sendiri karena Ulah Jin, Benarkah?

11 September 2024 - 15:07 WIB

Viral di Media Sosial, Pocong di Foto E-Tilang, Ternyata Hanya Bayangan

10 September 2024 - 23:06 WIB

Gegerkan Medsos, Barongan Bambu di Tongas Berdiri Sendiri Retelah 9 Bulan Roboh

10 September 2024 - 18:10 WIB

Pasca-Kebakaran, Pedagang Pasar Pasrepan Mulai Berjualan

10 September 2024 - 17:14 WIB

Polisi Selidiki Dugaan Penyebab Kebakaran Pasar Pasrepan, Tiga Saksi Diperiksa

9 September 2024 - 12:43 WIB

Trending di Peristiwa