Menu

Mode Gelap
Dapat Memicu Kecelakaan, Angkutan Umum Dilarang Pasang Foto Paslon Ratusan Warga Lumajang Berebut Empat Gunungan Gerbas Tani di Desa Kedungrejo Jadi Replikasi Percontohan di Daerah Lumajang Si Jago Merah Hanguskan Gudang Milik Dinas Pertanian di Kejayan Disangkakan Korupsi Dana Desa, Eks Kades Sidodadi Paiton Ditahan Tiga Lokasi di Kawasan TNBTS Senduro Lumajang Ditanami Ganja

Lingkungan · 17 Sep 2024 18:59 WIB

Jalan Perbatasan Probolinggo – Jember Amburadul, Warga Perbaiki Secara Swadaya


					SWADAYA: Sejumlah warga sedang bergotong royong memperbaiki akses jalan perbatasan Kabupaten Probolinggo - Jember. (foto: Ali Ya'lu).
Perbesar

SWADAYA: Sejumlah warga sedang bergotong royong memperbaiki akses jalan perbatasan Kabupaten Probolinggo - Jember. (foto: Ali Ya'lu).

Probolinggo,- Warga Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, rupanya sudah gerah dengan kerusakan jalan didesanya.

Sudah bertahun-tahun, jalan perbatasan Kabupaten Probolinggo – Jember rusak parah namun tak kunjung diperbaiki.

Warga pun secara swadaya melakukan perbaikan jalan. Dengan menggunakan alat seadanya, sejumlah warga menambal dan meratakan jalan yang amburadul agar bisa dilintasi.

Sekretaris Desa Andungsari, Ludianto membenarkan jika perbaikan jalan tersebut dilakukan dengan cara swadaya. Masyarakat membantu perbaikan jalan seikhlasnya, baik tenaga pun materi.

“Betul, jadi warga itu tidak harus materi yang disumbangkan. Mereka yang tidak menyumbang barang untuk perbaikan, tenaganya yang disumbangkan,” kata Ludianto, Selasa (17/9/2024).

Tak hanya warga sekitar yang memberikan sumbangannya, para sopir truk yang sering melintas di jalan perbatasan antar kabupaten itu pun turut menyisihkan uangnya.

Hal ini  menurut Ludianto, menunjukkan kekompakan masyarakat untuk memiliki akses jalan yang bagus. Proses perbaikan jalan ini pun sudah berlangsung selama sepekan terakhir.

“Pengerjaannya sudah dari minggu lalu, tetapi sampai sekarang masih belum selesai,” ucap dia.

Ludianto menjelaskan, perbaikan jalan yang dilakukan warga panjangnya sekitar 150 meter. Namun perbaikan dilakukan hanya pada spot-spot jalan yang sudah tidak rata.

“Perbaikannya dimulai dari jalan daerah Probolinggo menuju ke arah batas (dengan Kabupaten Jember, red),” Ludianto menambahkan.

Terkait hal ini, hingga berita ini ditulis sekitar pukul 15.30 WIB, upaya untuk menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahja Saputra belum membuahkan hasil.

Sebagai informasi, perbedaan kualitas jalan batas Kabupaten Probolinggo – Jember memang sudah lama terjadi. Bahkan, menjadi konten viral di media sosial.

Sejumlah youtuber juga banyak yang membuat konten berisi perbedaan kualitas jalan antar daerah Kabupaten Probolinggo yang amburadul, dengan jalan wilayah Jember atau Lumajang, yang kondisi jalannya jauh lebih baik. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tiga Lokasi di Kawasan TNBTS Senduro Lumajang Ditanami Ganja

18 September 2024 - 18:10 WIB

Jalan Amblas Terkena Abrasi, Warga Nekat Melintasi

10 September 2024 - 10:57 WIB

Gelombang Tinggi, Nelayan Lumajang Berhenti Tangkap Ikan

8 September 2024 - 15:47 WIB

Karhutla, Satwa Liar di Gunung Ebeng-ebeng Lumajang Bermigrasi

5 September 2024 - 17:05 WIB

Abrasi, Jalur Pasirian – Tempursari Terputus

5 September 2024 - 09:43 WIB

Kebakaran Gunung Argopuro Belum Padam, Enam Pendaki Dievakuasi

4 September 2024 - 16:39 WIB

Prediksi BPBD: Angin Gending Bakal Berakhir Pertengahan Oktober 2024

4 September 2024 - 12:32 WIB

Sesar Aktif Ditemukan di Wilayah Pasuruan, BPBD Imbau Warga Tetap Tenang

24 Agustus 2024 - 14:32 WIB

Terdampak Kekeringan, Petani Tiga Desa di Kejayan Pasuruan Gagal Panen

13 Agustus 2024 - 23:28 WIB

Trending di Lingkungan