Menu

Mode Gelap
Pengendara Motor Terjun ke Sungai di Tutur, Satu Tewas dan Satu Luka Pupuk Subsidi Dijual di Rumahan dan Lampaui HET, Aktivis LIRA ‘Wadul’ ke Kapolres Viral di Tahun 2000-an, Tamiya Mini 4WD Kini Kembali Digandrungi Warga Kota Probolinggo Bobol Gembok Pagar Kantor, Maling Gondol Motor Dinas PUPR Curi Motor di Pasuruan, Pelaku Ditangkap Polisi Saat Sembunyi di Jember Dapat Memicu Kecelakaan, Angkutan Umum Dilarang Pasang Foto Paslon

Budaya · 19 Sep 2024 15:15 WIB

Ratusan Warga Lumajang Berebut Empat Gunungan


					Warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang berebut empat gunungan dari hasil para petani. Perbesar

Warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang berebut empat gunungan dari hasil para petani.

Lumajang, – Warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang berebut empat gunungan dari hasil pertanian. Grebeg empat gunungan itu sebagai tanda dibukanya Gerakan Belanja Sayuran dari Lahan Tani (Gerbas Tani) di Desa Kedungrejo, Kamis (19/9/24).

Pantauan PANTURA7.com, ratusan warga terlihat memadati area persawahan di kawasan Gerbas Tani sejak pagi. Mereka menunggu arak-arakan gunungan yang diarak sejauh satu kilometer.

Sebelum diperebutkan, empat gunungan terlebih dahulu didoakan oleh tokoh agama dan masyarakat. Hal itu agar warga Desa Kedungrejo mendapat keberkahan dari Tuhan berupa hasil pertanian yang melimpah.

Rifki, warga Kedungrejo mengaku, datang lebih awal untuk berebut aneka buah dan sayuran. Menurutnya, empat gunungan tersebut selalu ditunggu masyarakat ketika ada Gerbas Tani.

“Setiap tahunnya memang selalu ada sayuran yang disusun seperti gunungan. Sayurannya masih segar karena baru dipetik,” kata Rifki.

Sementara, Farhan, juga warga setempat mengaku, senang bisa ikut berebut empat gunungan tersebut. Selain berebut gunungan, ia mengatakan, berharap berkah.

“Selain untuk dimasak, saya di sini juga mencari berkah dari gunungan ini. Ya siapa tahu dengan berebut gunungan ini, akan ada keberkahan,” katanya.

Seperti diketahui untuk menyukseskan Gerbas Tani, para petani di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang, menyulap persawahan menjadi taman bunga cantik. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Krecek Rebung, Jadi Ikon Kuliner Lumajang

2 September 2024 - 16:03 WIB

Lestarikan Kuliner Tradisional, Lumajang Gelar Sapar Agung

1 September 2024 - 12:58 WIB

Ada Festival Segoro Topeng Kali Wungu di Lumajang, Bikin Pelaku UMKM Sumringah

25 Agustus 2024 - 21:13 WIB

Tari Sodoran di Hari Raya Karo Pukau Wisman

20 Agustus 2024 - 18:26 WIB

Hari Raya Karo, Warga Lereng Bromo Gelar Tari Sodoran

20 Agustus 2024 - 17:34 WIB

Ikuti ‘Surabaya Fashion Parade 2024’, Tiga Model Kenalkan Batik Khas Kota Probolinggo

16 Agustus 2024 - 21:24 WIB

Tidak Cerminkan Proses, Batik Printing Bukan Lagi Produk Batik

25 Juli 2024 - 10:35 WIB

Besok, Explore Piodalan #2 Bakal Digelar di Pura Lereng Gunung Semeru

24 Juli 2024 - 19:15 WIB

Warga Kalibuntu Probolinggo Gelar Petik Laut, Larung Hasil Bumi ke Tengah Laut

22 Juli 2024 - 22:26 WIB

Trending di Budaya