Menu

Mode Gelap
Kreatif! Warga Ketapang Kota Probolinggo Sulap Galon Bekas jadi Hiasan Bunga Estetik Polisi Gerebek Sabung Ayam di Lumajang, tetapi Bocor Puluhan Peternak Kontes Kambing dan Domba Pasuruan, Kambing Juara Nasional Ikut Bersaing Ini Kronologi Penangkapan Empat Pelaku Penanaman Ganja di Argosari Lumajang Tak Terpuji! Pencari Barang Bekas Curi Besi Penutup Gorong-gorong di Jalan Soekarno-Hatta Bawaslu Peringatkan Bahaya Politik Uang, Pemberi dan Penerima Dapat Dipenjara 6 Tahun

Gaya Hidup · 28 Sep 2024 15:55 WIB

Kreatif! Warga Ketapang Kota Probolinggo Sulap Galon Bekas jadi Hiasan Bunga Estetik


					KREATIF: Proses pembuatan tanaman bunga estetik yang dilakukan Syaifuddin Amrulloh (44) di kediamannya. (foto: Hafiz Rozani)
Perbesar

KREATIF: Proses pembuatan tanaman bunga estetik yang dilakukan Syaifuddin Amrulloh (44) di kediamannya. (foto: Hafiz Rozani)

Probolinggo,- Ditangan Syaifuddin Amrulloh (44), galon bekas yang awalnya perabotan rumah tangga biasa, berhasil disulap menjadi kerajinan tangan dengan nilai ekonomis tinggi.

Meski belum dijual resmi, namun buah tangan pria asal Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo ini sudah mulai memantik minat para pelanggan.

Kreatifitas memoles galon bekas dilakukan Syaifuddin di rumahnya yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Gang Buntu, RT/05, RW/02, Kelurahan Ketapang.

Pengerjaan diawali dengan membuat sketsa daun pada galon bekas menggunakan spidol. Kemudian sketsa dipotong menggunakan alat soder mengikuti alur yang sudah dipola.

Setelah dipotong, potongan dipanaskan dengan soder hingga mirip seperti daun. Proses memotong, hingga memanaskan ini membutuhkan waktu sekitar satu jam, tergantung besar kecil potongan sketsa.

Setelahnya, ditambah bunga yang dibuat dari potongan sisa galon air minum yang tidak terpakai. Proses penempelan bunga ke dalam rangkaian daun tanaman ini membutuhkan ketelitian, terutama saat proses menyambung.

“Ide awal saya membuat kejadian tanaman hias dari galon air ini saat RT saya ikut lomba lampu hias. Kemudian saya cari-cari refrensi, dari situlah akhirnya saya menemukan kerajinan dari bahan plastik bekas mulai botol, hingga galon air bekas,” kata Syaifuddin, Sabtu (28/9/24).

Agar kian cantik, pria yang akrab dipanggil Didik ini kemudian mengecat galon hasil polesan sesuai warna daun dan bunga. Kemudian, agar lebih estetik saat malam hari, Didik juga menambahkan lampu.

Untuk membuat 1 tanaman yang dilengkapi bunga dan lampu, Didik membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 4 jam. Kesulitan utama saat pengerjaan adalah proses penyambungan karena membutuhkan ketelitian dan ke hati-hatian.

Untuk sementara, Didik hanya mampu membuat dua jenis bunga saja, yakni Bunga Teratai dan Sepatu. Sementara motif lainnya, masih dalam proses uji coba.

“Saat ini masih terus promosi di media sosial, dengan harga jual kisaran Rp. 75 ribu hingga Rp. 100 ribu, tergantung besar kecil dan kesulitan pembuatan,” imbuhnya.

Kerajinan barang bekas karya Didik, selaras dengan program pemerintah yang ingin mengurangi pemanfaatan sampah plastik, demi menjaga lingkungan tetap asri dan sehat. (*)

.

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menabung Lima Tahun, Pasutri Ini Beli Motor dengan Uang Koin

21 Agustus 2024 - 19:58 WIB

Jazz Gunung Bromo 2024, Elfa’s Singers hingga Ndaru Ndarboy Hangatkan Penonton dalam Balutan Bediding Bromo

20 Juli 2024 - 15:27 WIB

Kafe D’Javu Kota Probolinggo, Tawarkan Kenikmatan Kopi dan Kereta Api

20 April 2024 - 19:41 WIB

Lebaran, Tempat Penitipan Kucing di Kota Probolinggo Sesak

11 April 2024 - 18:30 WIB

Bulan Ramadhan, Kasus Pernikahan Dini di Kabupaten Probolinggo Turun

7 April 2024 - 17:25 WIB

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

14 Januari 2024 - 16:59 WIB

Bakar Ikan Jadi Tradisi saat Malam Pergantian Tahun, Pedagang Ikan Ketiban Berkah

31 Desember 2023 - 22:36 WIB

Setahun Terakhir, 18 Nyawa di Lumajang Melayang Akibat Kecelakaan Lalulintas

21 Desember 2023 - 18:07 WIB

Tiga Bulan Terakhir, 152 Muda-mudi Probolinggo Putuskan Nikah Dini

9 November 2023 - 19:14 WIB

Trending di Gaya Hidup