Menu

Mode Gelap
Kreatif! Warga Ketapang Kota Probolinggo Sulap Galon Bekas jadi Hiasan Bunga Estetik Polisi Gerebek Sabung Ayam di Lumajang, tetapi Bocor Puluhan Peternak Kontes Kambing dan Domba Pasuruan, Kambing Juara Nasional Ikut Bersaing Ini Kronologi Penangkapan Empat Pelaku Penanaman Ganja di Argosari Lumajang Tak Terpuji! Pencari Barang Bekas Curi Besi Penutup Gorong-gorong di Jalan Soekarno-Hatta Bawaslu Peringatkan Bahaya Politik Uang, Pemberi dan Penerima Dapat Dipenjara 6 Tahun

Sosial · 28 Sep 2024 15:18 WIB

Puluhan Peternak Kontes Kambing dan Domba Pasuruan, Kambing Juara Nasional Ikut Bersaing


					Peserta kontes menyiapkan kambing andalan di Alun-alun Wonorejo, Pasuruan. (Foto : Asmadi) Perbesar

Peserta kontes menyiapkan kambing andalan di Alun-alun Wonorejo, Pasuruan. (Foto : Asmadi)

Pasuruan – Alun-alun Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, kembali menjadi pusat perhatian dengan digelarnya kontes kambing dan domba, Sabtu (28/9/2024) pagi.

Acara tahunan yang sempat vakum sejak pandemi Covid-19 ini diikuti oleh puluhan peternak dari seluruh Kabupaten Pasuruan, yang memamerkan berbagai jenis kambing dan domba dengan keunikan masing-masing.

Berbagai jenis ternak, mulai dari kambing kacang yang gesit hingga domba persilangan ekstrem berbulu lebat, dipertontonkan di hadapan juri dan pengunjung. Setiap peserta membawa daya tarik tersendiri, menambah keseruan kontes tersebut.

Novia Fitri, seorang peternak milenial asal Desa Sekarmojo mengaku, telah menekuni dunia peternakan kambing sejak SMP. Kambing miliknya juga pernah meraih prestasi di tingkat nasional. Ia berharap kambing Peranakan Etawa (PE) miliknya kembali menjadi juara di kontes ini.

“Saya sudah mempersiapkan kambing-kambing saya sejak beberapa bulan lalu. Saya berharap kambing PE saya bisa meraih juara lagi seperti di tingkat nasional,” ujar Novia.

Sementara itu, Samsul Arif, seorang peserta pemula mengaku, sangat antusias untuk menambah pengalaman dan belajar dari peternak lain.

“Ini kesempatan bagus untuk belajar dari peternak lain. Saya ingin tahu bagaimana cara merawat domba persilangan ekstrim agar bisa tumbuh besar dan sehat,” jelas Samsul.

Karto, salah satu juri dalam kontes tersebut, menjelaskan, penilaian dilakukan berdasarkan beberapa aspek, termasuk postur tubuh, kualitas bulu, proporsi tubuh, serta kesehatan dan kebersihan hewan.

“Kami menilai tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga kesehatan dan kebersihan hewan sangat kami perhatikan,” kata Karto.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan, Ainur Alfiah mengungkapkan,  antusiasme peserta sangat tinggi, mengingat kontes ini sempat terhenti beberapa tahun.

“Peserta sangat antusias, mengingat kontes seperti ini sempat terhenti sejak pandemi Covid-19. Dan pada tahun 2024 ini kita mulai lagi,” ujar Ainur.

Dengan kembalinya kontes ini, diharapkan dapat memotivasi para peternak lokal untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas ternak mereka. (*)

 


Editor:  Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Dituntut Tuntaskan Ganja dan Gantung Diri, Ini Jawaban Polres

26 September 2024 - 16:13 WIB

Aksi Damai di Polres Lumajang Desak Usut Tuntas Kasus Ganja

26 September 2024 - 15:37 WIB

Hari Terakhir Libur Maulid, KAI Daop 9 Jember Berangkatkan 10 Ribu Penumpang

16 September 2024 - 21:22 WIB

Seperti Era Kerajaan, Petani Lumajang Saling Serang Lawan Tikus

16 September 2024 - 15:46 WIB

Libur Maulid, 31 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember Ludes Terjual

13 September 2024 - 21:19 WIB

Jadi Langganan Banjir, Warga Winongan Pasuruan Dilatih Hadapi Bencana

4 September 2024 - 20:41 WIB

Animo Penumpang Bagus, KA Mutiara Timur Dioperasikan Kembali

26 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Tak Lagi jadi Pejabat, Kepedulian Bunda Indah kepada Warga Tak Luntur

15 Agustus 2024 - 18:44 WIB

Peringatan 10 Muharram, 1.550 Yatim dan Piatu di Probolinggo Dapat Santunan

16 Juli 2024 - 19:31 WIB

Trending di Sosial