Menu

Mode Gelap
Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bantaran Mangkir Panggilan Polisi Tidak Berniat Membunuh, Hanya Ingin Memberi Pelajaran PJU Kurang dan Tanpa Sekat Pembatas Jalan Picu Lakalantas di Piket Nol Pelaku Pembacokan Sopir Truk di Pasuruan Ternyata Residivis Kasus Serupa

Politik · 2 Okt 2024 08:27 WIB

Ingin Atasi Banjir Tahunan di Pasuruan, Cagub Risma Blusukan ke Sungai


					BLUSUKAN: Calon Gubernur nomor urut 3, Tri Rismaharini saat blusukan ke Sungai Blandongan, Kota Pasuruan. (foto: Moh. Rois) Perbesar

BLUSUKAN: Calon Gubernur nomor urut 3, Tri Rismaharini saat blusukan ke Sungai Blandongan, Kota Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Pasuruan,– Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini, blusukan ke Kota Pasuruan, pada Selasa (1/10/2024) malam. Kedatangan Risma yang tiba-tiba, sempat mengejutkan warga sekitar.

Di kawasan tersebut, Risma memantau kondisi sungai di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul yang selama ini kerap menjadi penyebab banjir tahunan.

Risma memulai pengecekan dari Jembatan Bok Wedi di Kelurahan Belandongan hingga hilir sungai untuk memastikan kondisi lingkungan dan mencari solusi dalam upaya mengantisipasi banjir yang sering melanda wilayah tersebut setiap tahun.

“Saya datang ke Kota Pasuruan karena tiap tahun banjir melanda wilayah ini. Oleh karena itu, saya ingin melihat langsung apa permasalahannya di sungai ini sehingga terus menjadi langganan banjir,” ujar Risma di lokasi.

Menurut Risma, ada dua permasalahan utama yang perlu segera ditangani. Pertama menurut Risma, semakin ke ujung, sungai semakin menyempit.

“Ditambah lagi, saat air laut pasang, air tidak bisa keluar. Solusinya adalah normalisasi sungai, kemudian diberi pintu air dan pompa agar air pasang tidak bisa masuk,” beber dia.

Selain itu, Risma juga menyoroti masalah di wilayah Kabupaten Pasuruan, dimana aliran air yang sangat deras dari hulu memicu banjir di hilir.

“Maka, aliran air dari hilir harus diperlambat untuk mengurangi dampaknya,” tambah eks Menteri Sosial RI ini.

Setelah mengecek Sungai Bok Wedi, Risma melanjutkan pengecekan ke Sungai Welang di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Ia juga memantau kondisi sungai dan mencari langkah penanganan yang tepat. (*)

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Safari Politik di Probolinggo, Wacagub Gus Hans Temui Simpatisan hingga Para Kiai

4 Oktober 2024 - 08:29 WIB

Jelang Pilkada Serentak 2024, Ribuan Pemilih Pemula di Probolinggo Ramai-ramai Urus E-KTP

3 Oktober 2024 - 20:59 WIB

Adanya Laporan Pemasangan APK, Bawaslu Kota Probolinggo: Bukan di Tempat Terlarang

3 Oktober 2024 - 18:31 WIB

Sepi Peminat, Bawaslu Kota Probolinggo Perpanjang Pendaftaran PTPS Pilkada

2 Oktober 2024 - 21:28 WIB

Adi Wibowo Optimis Menang Telak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Pasuruan 2024

2 Oktober 2024 - 14:59 WIB

Bunda Indah – Yudha, Siapkan Dana Dusun Rp300 Juta Jika Pimpin Lumajang

1 Oktober 2024 - 14:09 WIB

KPU Mulai Rakit Kotak Suara Pilkada Serentak 2024

30 September 2024 - 21:53 WIB

Koalisi Gus Haris dan Ra Fahmi Targetkan Kemenangan Mutlak

29 September 2024 - 16:50 WIB

Kala Bantengan Suro Manggolo Sambut Meriah Kampanye Gus Haris di Lereng Tengger

29 September 2024 - 01:10 WIB

Trending di Politik