Menu

Mode Gelap
Umat Hindu Tengger Sembahyang Hari Raya Kuningan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bantaran Mangkir Panggilan Polisi Tidak Berniat Membunuh, Hanya Ingin Memberi Pelajaran PJU Kurang dan Tanpa Sekat Pembatas Jalan Picu Lakalantas di Piket Nol

Lingkungan · 2 Okt 2024 17:08 WIB

Pasca Laka KA Pandalungan, Akses Perlintasan Sebidang di Tongas Wetan Dipersempit


					DIPERSEMPIT: Petugas KAI sedang memasang rel untuk mempersempit akses jalan di perlintasan sebidang di Desa Tongas Wetan, Kec. Tongas, Kab. Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani). Perbesar

DIPERSEMPIT: Petugas KAI sedang memasang rel untuk mempersempit akses jalan di perlintasan sebidang di Desa Tongas Wetan, Kec. Tongas, Kab. Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Probolinggo,- Antisipasi kecelakaan kereta api, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mempersempit akses melintas kendaraan di perlintasan sebidang di Dusun Krajan, Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengatakan pasca kecelakaan kereta api Pandalungan dengan truk bermuatan pakan ternak, Selasa pagi (1/10/24), pihaknya langsung mempersempit akses jalan di perlintasan sebidang tersebut.

“Jadi untuk akses jalan di pos perlintasan yang terjadi kecelakaan kemarin kita sempitkan, bukan ditutup permanen,” kata Cahyo.

Penyempitan akses jalan oleh KAI Daop 9 Jember ini, imbuhnya, menggunakan rel kereta api yang dipotong, kemudian dipasang dengan posisi berdiri.

Dengan penyempitan ini, hanya kendaraan roda dua saja yang dapat melintas. Sementara kendaraan roda empat, harus melewati jalan lain agar dapat menuju ke lokasi di utara perlintasan sebidang.

Meski dilakukan penyempitan, namun jalan perlintasan sebidang tersebut akan kembali dibuka setelah pos perlintasan kereta api, diresmikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo.

“Kami tak henti-hentinya mengimbau kepada pengguna kendaraan saat hendak melintas perlintasan sebidang khususnya yang tidak terjaga agar berhenti dan toleh kanan kiri. Setelah aman, baru melintas,” bener Cahyo.

Diberitakan sebelumnya, KA Pandalungan dengan relasi Jakarta – Jember, pada Selasa pagi (1/10/24) menabrak truk bermuatan pakan ternak di perlintasan sebidang, masuk Dusun Krajan, Desa Tongas Wetan, Kecamatan Tongas.

Akibat kejadian ini, truk dan lokomotif KA ringsek. Selain itu, sopir truk dan masinis mengalami luka-luka dan harus mendapat perawatan medis. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hari Kelima Pencarian, Polres Lumajang Amankan 1.588 Tanaman Ganja

2 Oktober 2024 - 19:43 WIB

Kawasan Kaya Wisata Alam Itu Simpan Lahan Ganja

1 Oktober 2024 - 13:54 WIB

Temuan 41.152 Batang Ganja Disoroti Anggota DPRD Lumajang

29 September 2024 - 11:06 WIB

Kebakaran Hutan Perhutani Padam, Lima Hektare Terdampak

28 September 2024 - 20:39 WIB

Kemarau, Warga di Pasuruan Tempuh Jarak 3 Kilometer untuk Ambil Air Bersih

28 September 2024 - 20:19 WIB

Dua Blok Hutan Produksi Perhutani Lumajang Terbakar

28 September 2024 - 20:09 WIB

Musim Kemarau, 14 Desa di Kabupaten Probolinggo Krisis Air Bersih

27 September 2024 - 14:39 WIB

Meski Turun Hujan, BPBD Lumajang Masih Tetapkan Siaga Darurat Kekeringan

26 September 2024 - 11:37 WIB

Taklukkan Jalur Ekstrim, Polisi Kembali Temukan Ladang Ganja di Lumajang

23 September 2024 - 22:27 WIB

Trending di Lingkungan