Menu

Mode Gelap
Maling Rental PS di Jl. Letjen Sutoyo Kota Probolinggo Diringkus Polisi Kondisi Petugas Dishub Kota Pasuruan yang Diduga Keracunan Air Aki Mulai Membaik Diduga Bom, Kata Kades Bodang Ternyata Petasan Rakitan Ledakan Bom Ikan Lukai 3 Orang di Lumajang, Polisi Selidiki Penyebab Kejadian Blarr! Ledakan Bom Ikan Hancurkan Rumah di Lumajang, 3 Orang Luka Udik Djuantoro Terpilih sebagai Ketua PSSI Kabupaten Pasuruan

Politik · 8 Okt 2024 19:21 WIB

Dugaan Laporan Palsu Cawabup Abd. Rasit Berkembang, Gakkumdu Panggil Pihak Bank


					DIPERIKSA: Relationship Manager (RM) Creditors Restructuring, dan Recovery BRI Cabang Probolinggo, Abdul Aziz saat dimintai keterangan di Sentra Gakkumdu yang berada di Kantor Bawaslu Kabupaten Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu)
Perbesar

DIPERIKSA: Relationship Manager (RM) Creditors Restructuring, dan Recovery BRI Cabang Probolinggo, Abdul Aziz saat dimintai keterangan di Sentra Gakkumdu yang berada di Kantor Bawaslu Kabupaten Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu)

Probolinggo,- Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Probolinggo memanggil pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Probolinggo, Selasa (8/10/2024) siang.

Pemanggilan ini ditujukan untuk memintai keterangan pihak bank terkait hutang yang dimiliki Calon Wakil Bupati (Cawabup) Probolinggo nomor urut 1, Abd Rasit.

Anggota Gakkumdu yang juga merupakan Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Ubaidillah mengatakan, pihaknya melakukan pemanggilan kepada pihak BRI untuk memperjelas duduk perkara hutang yang dimiliki oleh Abd Rasit, karena terdapat laporan dugaan pemalsuan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilakukan Rasit.

“Tadi kami sudah banyak ajukan pertanyaan ke pihak BRI selaku kreditur, apakah peminjam itu atas nama haji Abd. Rasit atau bukan, termasuk juga terkait lelangnya,,” kata komisioner yang menggawangi Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa tersebut, Selasa (8/10/2024).

Sementara itu, Relationship Manager (RM) Creditors Restructuring, dan Recovery BRI Cabang Probolinggo, Abdul Aziz mengatakan, pihaknya saat ini memang sedang mengajukan proses lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember.

Termasuk aset yang dilelang, adalah bangunan dan tanah seluas 815 meter persegi di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton. Bangunan dan tanah ini ditaksir bernilai Rp 1,5 miliar.

“Untuk bangunan dan tanah atas nama Abdul Rasit. Identitasnya sesuai dengan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Probolinggo,” ujar dia.

Meski begitu, ia tidak menyebutkan berapa total hutang yang dimiliki Abd. Rasit. Namun, atas hutang yang dimiliki Abd. Rasit, pihaknya tidak hanya melelang bangunan dan tanah yang ada di Desa Sumberanyar tersebut.

Melainkan juga mengajukan lelang atas sawah seluas 3.135 meter persegi di Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran yang ditaksir bernilai sekitar Rp 400 juta.

Sawah tersebut bersertifikat atas nama Sumarmi, yang tak lain merupakan istri Abd. Rasit sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Filosofinya begini, kami tidak akan melakukan lelang, jika proses pembayarannya lancar,” ungkap Aziz.

Sebagai informasi, Abd. Rasit dilaporkan oleh LSM Lira terkait pemalsuan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dalam LHKPN-nya saat mendaftar sebagai Cawabup, Abd. Rasit mengaku tidak memiliki hutang.

Di sisi lain, BRI saat ini sedang melakukan lelang karena kredit macet terhadap bangunan dan tanah yang merupakan milik abd rasit. Nilai lelangnya pun fantastis, mencapai Rp1,5 miliar. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 219 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Targetkan 100 Ribu Lebih, Relawan Bang Pur Siap Menangkan Bunda Indah dan Mas Yudha

12 Oktober 2024 - 17:30 WIB

PDIP Bantah Isu Dukung Kotak Kosong di Pilwali Kota Pasuruan, Tegaskan Solid Dukung Adi-Nawawi

12 Oktober 2024 - 17:21 WIB

Bawaslu Kota Probolinggo Temukan Pelanggaran yang Dilakukan 4 Paslon, Apa Saja?

12 Oktober 2024 - 16:02 WIB

Gakkumdu Hentikan Penyelidikan Dugaan Pemalsuan Data LHKPN Cawabup Abd. Rasit, Begini Alasannya

12 Oktober 2024 - 13:41 WIB

Bawaslu Kota Probolinggo Gandeng Jurnalis Awasi dan Perangi Hoaks Pilkada Serentak 2024

11 Oktober 2024 - 20:35 WIB

Optimalisasi Tenaga Kerja, Bunda Indah-Mas Yudha Jamin Prioritaskan Pekerja Lokal

10 Oktober 2024 - 22:57 WIB

Akhirnya, Cawabup Probolinggo Abd. Rasit Temui Gakkumdu

10 Oktober 2024 - 20:51 WIB

Bawaslu Kota Probolinggo Larang Alun-alun dan Stadion Digunakan Untuk Kampanye

9 Oktober 2024 - 22:44 WIB

Cawabup Probolinggo Abd. Rasit Kembali Mangkir Panggilan Gakkumdu

9 Oktober 2024 - 18:56 WIB

Trending di Politik