Menu

Mode Gelap
Paus Pilot Masih Anakan, Terdampar di Pantai Probolinggo Akibat Terpisah dengan Koloni Maling Uang Kotak Amal Masjid An-Nur Ditangkap, Begini Tampangnya Haru! Anak Berkebutuhan Khusus yang Sempat Dikira Korban Bullying Dapat Tali Asih Paus Pilot Sepanjang 6 Meter Terdampar di Pantai Mayangan Probolinggo Uji Emisi Masih Dianggap Sepele oleh Masyarakat Lumajang Berhari-hari Tidak Masuk Sekolah, Guru SMKN Wonomerto Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Lingkungan · 18 Okt 2024 22:36 WIB

Paus Pilot Masih Anakan, Terdampar di Pantai Probolinggo Akibat Terpisah dengan Koloni


					BIKIN GEGER: Paus Pilot yang terdampar di Pantai Mayangan Kota Probolinggo, dikerumuni warga. (foto: Hafiz Rozani).
Perbesar

BIKIN GEGER: Paus Pilot yang terdampar di Pantai Mayangan Kota Probolinggo, dikerumuni warga. (foto: Hafiz Rozani).

Probolinggo,- Se-ekor Paus jenis pilot terdampar di pantai utara Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jum’at (17/10/24). Mamalia laut itu diyakini terdampar karena terpisah dari koloninya.

Hal itu diungkapkan oleh Penyuluh Perikanan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan, Kota Probolinggo, Maya Unisma. Menurutnya, Paus Pilot terkenal hidup berkoloni.

Ia juga menyebut bahwa Paus Pilot yang terdampar berdasarkan ukuran tubuh yang hanya sekitar 6 meter, masih anakan. Paus Pilot dewasa biasanya memiliki panjang 8 hingga 10 meter.

Selain terpisah dari rombongan, gelombang laut pada hari ini juga sangat kuat. Alhasil, Paus Pilot  tersangkut dan tidak bisa kembali ke tengah saat air laut surut.

“Diduga sebelum terdampar, Paus Pilot yang masih anakan ini terpisah. Karena arus kuat, maka paus ini terseret dan akhirnya terdampar,” ujar Maya.

Maya mengungkapkan bahwa Paus Pilot sampai ke perairan Probolinggo lantaran tengah migrasi. Kebetulan perairan Probolinggo merupakan jalur migrasi sejumlah mamalia laut, seperti Paus Pilot dan Hiu Tultul.

Meski lemah, namun Maya yakin Paus Pilot itu masih bisa bertahan sampai air laut kembali pasang. Syaratnya, tubuh satwa langka itu tetap dibasahi air laut, seperti yang dilakukan oleh warga.

“Temuan Paus Pilot yang terdampar ini sudah dilaporkan. Untuk penanganan baik evakuasi dan lain sebagainya masih menunggu pihak terkait lainnya,” imbuh Maya.

Seperti diketahui, seorang pencari kerang bernama Sugianto, dikejutkan dengan terdamparnya seekor Paus Pilot di perairan pantai utara Kota Probolinggo, pada Jum’at sore (18/10/24).

Saat ditemukan, kondisi Paus Pilot masih hidup namun mulai lemah karena sebagian tubuhnya tidak berada dalam air. Warga yang datang lantas menolong Paus Pilot dengan menyirami tubuhnya dengan air laut. (*)

 


Editor: Mohamad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Setelah Penantian Panjang, Bunga Bangkai Raksasa Akhirnya Mekar di Kebun Raya Purwodadi

17 Oktober 2024 - 00:18 WIB

Gunung Semeru Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

16 Oktober 2024 - 14:00 WIB

159 Hari Tanpa Guyuran Hujan, Suhu di Kota Probolinggo Panas Menyengat

15 Oktober 2024 - 21:38 WIB

12 Rumah dan Tenda Hajatan Warga Desa Selok Awar-awar Diterjang Angin Puting Beliung

8 Oktober 2024 - 13:36 WIB

Gunung Semeru Erupsi, Luncurkan Awan Panas hingga 600 Meter

6 Oktober 2024 - 18:15 WIB

Hari Kelima Pencarian, Polres Lumajang Amankan 1.588 Tanaman Ganja

2 Oktober 2024 - 19:43 WIB

Pasca Laka KA Pandalungan, Akses Perlintasan Sebidang di Tongas Wetan Dipersempit

2 Oktober 2024 - 17:08 WIB

Kawasan Kaya Wisata Alam Itu Simpan Lahan Ganja

1 Oktober 2024 - 13:54 WIB

Temuan 41.152 Batang Ganja Disoroti Anggota DPRD Lumajang

29 September 2024 - 11:06 WIB

Trending di Lingkungan