Menu

Mode Gelap
Huntap Lumajang Jadi Percontohan Nasional Kasus Bullying Siswa SMAN 4 Pasuruan Berakhir Damai dengan Restorative Justice KPU Kota Probolinggo Terima 186 Ribu Surat Suara untuk Pilwali Janji Cagub Luluk di Probolinggo, Entaskan Kemiskinan dan Beri Bantuan Modal UMKM Literasi Digital Penting bagi Generasi Muda demi Perangi Berita Hoaks pada Pilkada 2024 ‘Disambut’ Bencana Alam, Pj Bupati Lumajang Torehkan Banyak Prestasi

Nasional · 24 Okt 2024 16:49 WIB

Huntap Lumajang Jadi Percontohan Nasional


					Istimewa. Perbesar

Istimewa.

Lumajang, – Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai (BSD) menjadi kawasan percontohan nasional dalam penanganan pasca bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (24/12/21) silam.

Dalam rangka penyerapan pandangan serta evaluasi dan monitoring pasca bencana erupsi Semeru pada tahun 2021 lalu, Tim Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Asdep PMPB) melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lumajang.

Kegiatan tersebut disambut dengan hangat oleh Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni yang bertempat di Ruang Mahameru, Kamis (24/10/2024).

Slamet Widodo, Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Asdep PMPB) menyampaikan, kunjungan kali ini adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring bagaimana progres capaian dampak bencana erupsi Semeru hingga saat ini, terkait rehabilitasi serta kultur budaya yang ada huntap.

“Kami juga ingin melihat kondisi di lapangan seperti apa saat ini, seperti sudah menempati hunian apakah menemukan kendala lainnya dan ingin mendengar keluh kesah dari masyarakat di sana mengingat potensi bencana di Lumajang ini sangat banyak, dan paling tidak kami harus mengantisipasi bencana tersebut,” ungkapnya.

Sementara, Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, cukup bangga karena Kabupaten Lumajang menjadi kawasan percontohan nasional dalam penanganan pasca bencana yaitu, di area Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

“Mohon arahan dari Asdep PMBP tentang kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan progres pencapaian dampak bencana erupsi semeru hingga saat ini,” ujarnya.

Selanjutnya Kalaksa BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi juga memaparkan, sektor perumahan di Hunian Tetap Bumi Semeru Damai sebanyak 1924 rumah yang sudah ditempati. Dari segi sektor sosial, sektor ekonomi, dan lintas sektor fasilitas umum sudah lengkap dan telah berjalan dengan baik. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sah! Prabowo-Gibran Dilantik jadi Presiden-Wapres RI

20 Oktober 2024 - 13:43 WIB

KIM Desa di Lumajang Masuk 10 Besar Nasional dan 10 Besar Jatim

15 Oktober 2024 - 15:30 WIB

Terkendala Anggaran, Persipro 54 Terancam Gagal Arungi Liga 3 Jatim

10 Oktober 2024 - 11:49 WIB

Hadapi UU PDP, AMSI Gelar Pelatihan Perusahaan Media

15 September 2024 - 18:04 WIB

Manuver Presiden Jokowi Usai Jabatan Berakhir, Gabung Partai Gerindra?

3 September 2024 - 09:22 WIB

Prabowo Subianto: Pemimpin Baru Indonesia yang Didukung Presiden Jokowi dan Isu Keretakan

2 September 2024 - 15:12 WIB

Apa yang Terjadi Jika Kotak Kosong Menang dalam Pilkada 2024? Ini Tahapan yang Harus Dilalui

2 September 2024 - 11:58 WIB

Pasar Djaman Bijen Warnai Perayaan HUT Kemerdekaan di Winongan Pasuruan

17 Agustus 2024 - 22:16 WIB

Khidmat! Saat Warga Tengger Upacara HUT Kemerdekaan di Lautan Pasir Bromo

17 Agustus 2024 - 14:03 WIB

Trending di Nasional