Menu

Mode Gelap
Pemkab Probolinggo Siapkan Skema Dana Hibah Demi Bantu Pembangunan Gedung PTNU Bangun SDM Unggul Berdaya Saing, Gus Haris Serahkan 110 Beasiswa KIP Kuliah PCNU Kabupaten Probolinggo Mulai Bangun Gedung Kampus NU, Lokasinya Dekat Gerbang Tol Paspro Pengguna Makin Membludak, Sepeda Listrik Dilarang Dikendarai di Jalan Raya Siswa SMAN 4 Pasuruan Korban Bullying Berangkat Umrah Didampingi Ibunya Rumah Warga di Desa Dompo Dibobol Maling, Tabung Gas Elpiji Raib

Sosial · 26 Okt 2024 21:26 WIB

Pemkab Probolinggo Siapkan Skema Dana Hibah Demi Bantu Pembangunan Gedung PTNU


					KOMPAK: Pengurus PCNU Kabupaten Probolinggo, delegasi Pemkab Probolinggo dan pihak terkait lainnya, foto bersama usai peletakan batu pertama gedung PTNU. (foto: PTNU Kab. Probolinggo). Perbesar

KOMPAK: Pengurus PCNU Kabupaten Probolinggo, delegasi Pemkab Probolinggo dan pihak terkait lainnya, foto bersama usai peletakan batu pertama gedung PTNU. (foto: PTNU Kab. Probolinggo).

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, akan menyiapkan hibah untuk mendukung pembangunan gedung Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau PTNU, yang dibangun oleh PCNU Kabupaten Probolinggo.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto saat memberikan sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan gedung PTNU di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/10/2024).

Sambutan itu dibacakan oleh Plt Asisten I Pemkab Probolinggo, Hari Cahyono. Sebab Ugas berhalangan hadir karena sedang ada tugas di luar kota.

Ugas mengatakan, Pemkab Probolinggo akan membantu pembangunan kampus tersebut melalui skema hibah.

“Besarannya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tulis Ugas dalam naskah sambutan.

Dalam wawancara sebelumnya, Jumat (25/10/2024) malam, Ugas mengapresiasi langkah PCNU Kabupaten Probolinggo untuk mendirikan perguruan tinggi sendiri berupa PTNU.

Apresiasi diberikan karena ormas keagamaan itu telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM Kabupaten Probolinggo, dengan menyediakan layanan pendidikan tinggi.

Sebagai kepala daerah, Ugas juga berterima kasih kepada PCNU Kabupaten Probolinggo atas kontribusinya tersebut. Sebab dengan adanya kampus NU, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM diyakini bakal terkerek.

“Apalagi ini dibangun di wilayah barat Kabupaten Probolinggo. Saya mengucapkan terimakasih kepada PCNU Kabupaten Probolinggo,” puji Ugas.

Atas halmitu, Ugas mengaku mendukung upaya tersebut. Ia juga mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo bahu membahu mendukung langkah tersebut.

“Karena ini urusan sosial, semua harus terlibat,” tegas eks Kepala Bakesbangpol Linmas Kabupaten Probolinggo ini.

Sekedar informasi, IPM merupakan indikator untuk mengukur capaian pembangunan kualitas hidup manusia. IPM terdiri dari tiga dimensi, meliputi dimensi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS, IPM Kabupaten Probolinggo berada di angka 69,56 pada 2022. Kemudian naik menjadi 70,36 pada tahun 2023.

Diantara 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, IPM Kabupaten Probolinggo menempati rangking nomor 6 dari bawah. Baik pada tahun 2022 maupun 2022.

Pendirian kampus NU di wilayah barat Kabupaten Probolinggo, diyakini dapat mendongkrak IPM. Apalagi sejauh ini, perguruan tinggi masih terkonsentrasi di wilayah timur Kabupaten Probolinggo. (*)

 

 

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


 

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

PCNU Kabupaten Probolinggo Mulai Bangun Gedung Kampus NU, Lokasinya Dekat Gerbang Tol Paspro

26 Oktober 2024 - 19:42 WIB

Siswa SMAN 4 Pasuruan Korban Bullying Berangkat Umrah Didampingi Ibunya

26 Oktober 2024 - 14:15 WIB

Haru! Anak Berkebutuhan Khusus yang Sempat Dikira Korban Bullying Dapat Tali Asih

18 Oktober 2024 - 19:33 WIB

Uji Emisi Masih Dianggap Sepele oleh Masyarakat Lumajang

18 Oktober 2024 - 16:44 WIB

Tak Terdampak Deflasi, Penumpang dan Angkutan Barang KAI Daop 9 Jember Justru Meningkat

17 Oktober 2024 - 12:50 WIB

Diusili Orang, Beras Bantuan Ditempeli Stiker Calon Bupati Lumajang

11 Oktober 2024 - 18:43 WIB

Tangis Haru Siti saat Bunda Indah Datangi Tokonya yang Terkena Angin Puting Beliung

9 Oktober 2024 - 20:10 WIB

Agak Lain! Hakim di Kota Probolinggo tak Ikutan Mogok Kerja

7 Oktober 2024 - 21:59 WIB

Tuntut Kenaikan Gaji, Hakim PN Kraksaan Gelar Aksi Cuti Bersama

7 Oktober 2024 - 18:55 WIB

Trending di Sosial