Menu

Mode Gelap
Pemkab Probolinggo Siapkan Skema Dana Hibah Demi Bantu Pembangunan Gedung PTNU Bangun SDM Unggul Berdaya Saing, Gus Haris Serahkan 110 Beasiswa KIP Kuliah PCNU Kabupaten Probolinggo Mulai Bangun Gedung Kampus NU, Lokasinya Dekat Gerbang Tol Paspro Pengguna Makin Membludak, Sepeda Listrik Dilarang Dikendarai di Jalan Raya Siswa SMAN 4 Pasuruan Korban Bullying Berangkat Umrah Didampingi Ibunya Rumah Warga di Desa Dompo Dibobol Maling, Tabung Gas Elpiji Raib

Pendidikan · 27 Feb 2021 16:16 WIB

Genap Berusia Setahun, STAI Al Utsmani Terus Berbenah


					Genap Berusia Setahun, STAI Al Utsmani Terus Berbenah Perbesar

BONDOWOSO-PANTURA7.com, Mengembangkan perguruan tinggi (PT) ditengah modernisasi zaman tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Pandemi Covid-19 membuat geliat perkuliahan kian lesu.

Pakar Akademisi, Prof Dr Babun Suharto menyebut, salah satu tantangan perguruan tinggi swasta, terutama yang berada di bawah naungan pondok pesantren, adalah konsistensi.

Selain itu, sambung Rektor IAIN Jember ini, tantangan lain yang harus ditaklukkan PT swasta adalah rasa percaya diri. Dengan sikap percaya diri, maka PT akan lebih kuat dan maju.

“Bahwa kita bisa untuk mengembangkan PT di bawah naungan pesantren,” beber Prof Babun dalam Seminar Nasional dan Ngopi Santai, Sabtu (27/2/2021) di STAI Al Utsmani Bondowoso.

Terakhir, imbuhnya, tantangan yang harus dihadapi PT swasta adalah persoalan klasik, yakni terkait sarana dan prasarana. “Apalagi masih baru,” tegasnya.

Ketua STAI Al Usmani Ubaidillah Afief mengakui, tidak mudah untuk mengembangkan PT swasta. Tak terkecuali di STAI Al Usmani yang baru menginjak usia satu tahun.

“Kami terus berbenah terutama di bidang infrastruktur. Kami masih butuh lab komputer, lab micro teaching, bank mini dan juga gedung yang memadai,” beber Ubadillah.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso, Ahmad Dhafir yang juga menjadi pembicara dalam seminar itu mengatakan, pemerintah daerah harus hadir untuk menopang eksistensi PT swasta.

“Oleh karena itu, kami akan memperjuangkan mahasiswa STAI Al Utsmani yang tidak mampu tetapi berprestasi, untuk mendapatkan beasiswa,” janji Dhafir.

Ia berharap, STAI Al Utsmani sebagai kampus NU (Nahdlatul Ulama) tidak patah arang menghadapi setiap tantangan yang dihadapi. “Infrastruktur pembangunan juga akan kita bantu,” tandasnya.

Seminar Nasional dan Ngopi Santai digelar Sekolah Tinggi Agama Islam Al Utsmani (STAI AU) guna menyambut hari lahir (harlah) pertama kampus itu, yang jatuh pada Februari ini.

Di usianya yang baru seumur jagung, kampus yang terletak di Jl. Pesantren, Kecamatan Jambesari itu sudah memiliki 172 mahasiswa. Adapun program studi yang tersedia meliputi MPI (Manajemen Pendidikan Islam) dan Ekonomi Syariah. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Artikel ini telah dibaca 82 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Cegah Perundungan, Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo Masifkan Pendidikan Hukum ke Pelajar

7 Oktober 2024 - 16:49 WIB

Tingkatan IPM dan Kesejahteraan, Guru Madrasah se-Kabupaten Probolinggo Sepakat Menangkan Gus Haris – Ra Fahmi

7 September 2024 - 20:48 WIB

Top! 13 Kontingen Pelajar Harumkan Nama Lumajang di Olimpiade Nasional

22 Agustus 2024 - 16:44 WIB

Duh! 5.848 Pelajar di Lumajang Putus Sekolah

16 Agustus 2024 - 19:38 WIB

Bahayakan Siswa, DPRD Kabupaten Probolinggo Kecam Pembiaran Kerusakan SDN Bimo 

8 Agustus 2024 - 20:55 WIB

Siasat Pemkab Lumajang Sejahterakan Guru non-NIP, Honor Dicairkan dengan Skema Peningkatan Kompetensi

7 Agustus 2024 - 12:11 WIB

Duh! Jumlah Penderita HIV di Lumajang Capai 2.103 Orang

6 Agustus 2024 - 19:30 WIB

Miris! Genteng SDN Bimo Probolinggo Ditutupi Banner Agar tak Bocor

6 Agustus 2024 - 15:51 WIB

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Mahasiswa Unhasa Genggong Dibekali Pengetahuan 3S Asuhan Keluarga

5 Agustus 2024 - 16:03 WIB

Trending di Pendidikan