Menu

Mode Gelap
Umat Hindu Tengger Sembahyang Hari Raya Kuningan di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bantaran Mangkir Panggilan Polisi Tidak Berniat Membunuh, Hanya Ingin Memberi Pelajaran PJU Kurang dan Tanpa Sekat Pembatas Jalan Picu Lakalantas di Piket Nol

Politik · 10 Jun 2024 07:54 WIB

Pesta Rakyat Sosialisasi Pilkada di Lumajang Diwarnai Tawuran, Sejumlah Remaja Diamankan


					RICUH: Aparat keamanan mengamankan sejumlah pemuda yang terlibat tawuran dalam konser dangdut Sosialisasi Pilkada 2024 di Lumajang.  (foto: Asmadi). Perbesar

RICUH: Aparat keamanan mengamankan sejumlah pemuda yang terlibat tawuran dalam konser dangdut Sosialisasi Pilkada 2024 di Lumajang. (foto: Asmadi).

Lumajang,- Kericuhan terjadi saat konser dangdut bertajuk Pesta Rakyat Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang digelar di Alun-alun Kabupaten Lumajang, Minggu (9/6/2024) malam.

Pantauan PANTURA7.com, sejak awal hingga akhir acara, setidaknya 5 kali terjadi tawuran yang melibatkan penonton musik. Lagu-lagu rancak yang dibawakan Lala Widi selama pesta rakyat berlangsung, membuat kericuhan gampang tersulut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang Yuyun Baharita mengatakan, gesekan antar penonton dalam sosialisasi pilkada tersebut merupakan hal wajar. Sebab, melibatkan kerumunan massa dengan penuh euforia..

“Namanya pesta dangdut, identik dengan tawuran, apalagi kerumunan massa banyak, jadi itu hal yang wajar. Tadi itu sebenarnya bukan tawuran, tetapi hanya gesekan-gesekan sedikit,” kilah Yuyun.

Yuyun mengklaim, sejatinya saat gelaran pesta rakyat berlangsung, tidak ada peristiwa yang menonjol. Sebab, petugas gabungan yang berjaga di lokasi sigap mengatasi.

“Alhamdulillah berkat kesigapan aparat TNI-Polri, Satpol PP, dan seluruh komponen yang hadir termasuk Damkar, semua bisa teratasi sampai dengan akhir, tidak ada hal-hal yang menonjol,” jelasnya.

Meski demikian, nyatanya sejumlah pemuda diamankan ke Polres Lumajang karena terlibat kericuhan. Mayoritas para pemuda yang diringkus polisi dalam kondisi terpengaruh alkohol.

Kasubsi Humas Polres Lumajang Ipda Sugiarto membenarkan bahwa terjadi gesekan antar penonton dalam sosialisasi pilkada bertajuk Pesta Rakyat Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lumajang, yang digelar oleh KPU setempat.

“Tadi itu hanya gesekan biasa, dan tidak jadi masalah,” klaimnya singkat.

Selanjutnya, ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak mengadakan even seperti konser musik dan sejenisnya, agar melakukan antisipasi dini dan pengamanan kegiatan diperketat.

“Kami mengimbau, setiap even yang akan digelar lagi di wilayah Lumajang agar pengamanannya diperhatikan. Sehingga kita sama-sama bisa menikmati kegiatan dengan damai dan ceria,” pungkasnya. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Artikel ini telah dibaca 208 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Safari Politik di Probolinggo, Wacagub Gus Hans Temui Simpatisan hingga Para Kiai

4 Oktober 2024 - 08:29 WIB

Jelang Pilkada Serentak 2024, Ribuan Pemilih Pemula di Probolinggo Ramai-ramai Urus E-KTP

3 Oktober 2024 - 20:59 WIB

Adanya Laporan Pemasangan APK, Bawaslu Kota Probolinggo: Bukan di Tempat Terlarang

3 Oktober 2024 - 18:31 WIB

Sepi Peminat, Bawaslu Kota Probolinggo Perpanjang Pendaftaran PTPS Pilkada

2 Oktober 2024 - 21:28 WIB

Adi Wibowo Optimis Menang Telak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Pasuruan 2024

2 Oktober 2024 - 14:59 WIB

Ingin Atasi Banjir Tahunan di Pasuruan, Cagub Risma Blusukan ke Sungai

2 Oktober 2024 - 08:27 WIB

Bunda Indah – Yudha, Siapkan Dana Dusun Rp300 Juta Jika Pimpin Lumajang

1 Oktober 2024 - 14:09 WIB

KPU Mulai Rakit Kotak Suara Pilkada Serentak 2024

30 September 2024 - 21:53 WIB

Koalisi Gus Haris dan Ra Fahmi Targetkan Kemenangan Mutlak

29 September 2024 - 16:50 WIB

Trending di Politik