Menu

Mode Gelap
Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bantaran Mangkir Panggilan Polisi Tidak Berniat Membunuh, Hanya Ingin Memberi Pelajaran PJU Kurang dan Tanpa Sekat Pembatas Jalan Picu Lakalantas di Piket Nol Pelaku Pembacokan Sopir Truk di Pasuruan Ternyata Residivis Kasus Serupa

Politik · 20 Jun 2024 22:36 WIB

Koar-koar Hasan Aminuddin Jelang Pilkada Probolinggo; Saya Akan Mengusung Paslon Sendiri


					Eks Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin. (foto: Istimewa). Perbesar

Eks Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin. (foto: Istimewa).

Probolinggo,- Dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Probolinggo, semakin dinamis. Sejumlah partai politik (parpol) telah menentukan arah politiknya.

Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PKS hingga partai non-parlemen, membentuk koalisi gajah untuk mengusung Gus dr. Muhammad Haris Damanhuri (Gus Haris) sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Probolinggo.

PKB, meski tidak menggelar deklarasi, namun kemesraan Gus Haris dengan Ra Fahmi (KH. Fahmi AHZ, red), Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, menyiratkan bahwa partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar itu siap bergabung dalam koalisi gajah.

Praktis, dua parpol yang belum menentukan sikapnya adalah PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Sejauh ini, kedua parpol juga belum menentukan jagoannya di Pilkada Kabupaten Probolinggo.

Dinamika politik di Kabupaten Probolinggo yang mulai mengerucut terciptanya calon tunggal, memantik perhatian eks Bupati Probolinggo sekaligus Ketua DPP Partai Nasdem, Hasan Aminuddin.

Usai menjalani sidang lanjutan dakwaan TPPU dan Gratifikasi di Pengadilan Tipikor Sidoarjo, Kamis (20/06/24), Hasan menyebut Pemilihan Bupati (Pilbup) merupakan proses politik yang harus dilakukan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama ini, lanjutnya, demokrasi di Kabupaten Probolinggo telah terbangun dengan baik dan sempurna. Pilkada pasca reformasi tahun 2003 awal, diikuti oleh tiga pasangan calon, hingga Pilkada Tahun 2018.

“Haruskah pesta demokrasi sekarang ini hanya di ikuti satu pasangan Calon? itu berarti mundur,” kata Hasan di hadapan wartawan.

Hasan mengklaim, selaku Ketua DPP Partai Nasdem, ia tidak akan menerima jika terjadi hanya satu paslon di Kabupaten Probolinggo.

“Tulis, (saya).pasti menolak satu paslon dan akan mengusung paslon sendiri,” ungkap suami Puput Tatriana Sari ini.

Mengenai sosok paslon yang akan diusung oleh Partai Nasdem dalam Pilkada Kabupaten Probolinggo Tahun 2024, Hasan menjawab diplomatis.

“Saya tidak akan berbicara sosok, nanti pasti akan ada deklarasi, yang jelas Partai Nasdem akan menolak jika ada terjadi calon tunggal,” ungkapnya seraya berlalu meninggalkan ruang sidang. (*)

 

 


Editor: Mohamad S
Publisher: Moch Rochim


 

Artikel ini telah dibaca 600 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Safari Politik di Probolinggo, Wacagub Gus Hans Temui Simpatisan hingga Para Kiai

4 Oktober 2024 - 08:29 WIB

Jelang Pilkada Serentak 2024, Ribuan Pemilih Pemula di Probolinggo Ramai-ramai Urus E-KTP

3 Oktober 2024 - 20:59 WIB

Adanya Laporan Pemasangan APK, Bawaslu Kota Probolinggo: Bukan di Tempat Terlarang

3 Oktober 2024 - 18:31 WIB

Sepi Peminat, Bawaslu Kota Probolinggo Perpanjang Pendaftaran PTPS Pilkada

2 Oktober 2024 - 21:28 WIB

Adi Wibowo Optimis Menang Telak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Pasuruan 2024

2 Oktober 2024 - 14:59 WIB

Ingin Atasi Banjir Tahunan di Pasuruan, Cagub Risma Blusukan ke Sungai

2 Oktober 2024 - 08:27 WIB

Bunda Indah – Yudha, Siapkan Dana Dusun Rp300 Juta Jika Pimpin Lumajang

1 Oktober 2024 - 14:09 WIB

KPU Mulai Rakit Kotak Suara Pilkada Serentak 2024

30 September 2024 - 21:53 WIB

Koalisi Gus Haris dan Ra Fahmi Targetkan Kemenangan Mutlak

29 September 2024 - 16:50 WIB

Trending di Politik