Menu

Mode Gelap
Pengendara Motor Terjun ke Sungai di Tutur, Satu Tewas dan Satu Luka Pupuk Subsidi Dijual di Rumahan dan Lampaui HET, Aktivis LIRA ‘Wadul’ ke Kapolres Viral di Tahun 2000-an, Tamiya Mini 4WD Kini Kembali Digandrungi Warga Kota Probolinggo Bobol Gembok Pagar Kantor, Maling Gondol Motor Dinas PUPR Curi Motor di Pasuruan, Pelaku Ditangkap Polisi Saat Sembunyi di Jember Dapat Memicu Kecelakaan, Angkutan Umum Dilarang Pasang Foto Paslon

Wisata · 15 Sep 2024 10:13 WIB

Ranu Regulo, Suasana Camping Ala Eropa di Lumajang


					Ranu Regulo sangat cocok untuk kegiatan berkemah (camping) atau sekadar beristirahat menikmati keindahan alam. Perbesar

Ranu Regulo sangat cocok untuk kegiatan berkemah (camping) atau sekadar beristirahat menikmati keindahan alam.

Lumajang, – Untuk mengobati rasa rindu pendakian ke Gunung Semeru, tidak ada salahnya berkunjung di Ranu Regulo. Danau kecil itu terletak di lereng atas Gunung Semeru tepatnya di Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Ranupane merupakan desa terakhir di lereng atas gunung berapi setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. Di desa inilah para pendaki melakukan registrasi hingga briefing sebelum menyusuri jalan setapak menuju puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

Selain mendaki Semeru, para pecinta alam juga bisa berkunjung ke Ranu Regulo. Ranu Regulo sangat cocok untuk kegiatan berkemah (camping) atau sekadar beristirahat untuk menikmati keindahan alam.

Dengan luas sekitar 15 hektar, Ranu Regulo dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan.

Saat matahari terbit (sunrise), tempat ini diselimuti kabut tipis yang menambah keindahan panoramanya. Tentu, hal tersebut tidak bisa dilewatkan, karena suasananya yang sejuk membuat pengunjung yang datang langsung terpesona dengan keindahan alamnya.

“Camping di pinggir Ranu Regulo adalah salah satu aktivitas favorit saya, karena cuacanya dingin kayak berada di Eropa,” kata Linda, pengunjung dari Gresik, Minggu (15/9/2024).

Dikatakan suasana Ranu Regulo yang tenang dan udara yang sejuk membuat kegiatan camping sangat menyenangkan.

“Dengan camping di Ranu Regulo, saya bisa merasakan keindahan alam dan menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari. Saya merasa seolah-olah berada di dunia lain, jauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ika Saputri pengunjung lainnya mengungkapkan, untuk masuk ke lokasi Ranu Regulo, sudah ada pos loket tempat pengunjung melakukan registrasi dan pembayaran.

“Harga tiket masuk untuk camping di Ranu Regulo sebesar Rp19.000 per orang pada hari biasa dan Rp24.000 saat hari libur. Itu sangat murah sekali, sebab pemandangannya sangat bagus,” jelasnya. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 613 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Memupus Kejenuhan di Hutan Pinus Lumajang

15 September 2024 - 10:27 WIB

Indahnya Sunrise di Ranu Regulo di Lereng Semeru Lumajang

13 September 2024 - 09:32 WIB

Wisatawan Sambut Baik Pengembalian Tiga Nama Destinasi Wisata Bromo

31 Agustus 2024 - 16:00 WIB

Melihat Eksotika Sendang Sri dan Coban Waru, Destinasi Wisata yang Bakal Menggebrak Pasuruan

31 Agustus 2024 - 13:01 WIB

Menikmati Air Terjun Trap Sewu di Lumajang, Surga Tersembunyi dengan Seribu Tangga

25 Agustus 2024 - 13:12 WIB

Belum Diresmikan, Dispopar Buka Jembatan Kaca di Bromo secara Terbatas

23 Agustus 2024 - 18:27 WIB

1.600 Pelari dari 22 Negara Siap Berlari di Kaki Gunung Bromo

22 Agustus 2024 - 20:18 WIB

TNBTS dan Tokoh Tengger Kembalikan Identitas Destinasi Wisata di Bromo

18 Agustus 2024 - 19:09 WIB

Eksotika Bromo Festival 2024, Menparekraf Sandiaga Bacakan Puisi Kidung Tengger

28 Juli 2024 - 23:37 WIB

Trending di Wisata