Menu

Mode Gelap
Pengendara Motor Terjun ke Sungai di Tutur, Satu Tewas dan Satu Luka Pupuk Subsidi Dijual di Rumahan dan Lampaui HET, Aktivis LIRA ‘Wadul’ ke Kapolres Viral di Tahun 2000-an, Tamiya Mini 4WD Kini Kembali Digandrungi Warga Kota Probolinggo Bobol Gembok Pagar Kantor, Maling Gondol Motor Dinas PUPR Curi Motor di Pasuruan, Pelaku Ditangkap Polisi Saat Sembunyi di Jember Dapat Memicu Kecelakaan, Angkutan Umum Dilarang Pasang Foto Paslon

Ekonomi · 17 Sep 2024 20:38 WIB

Petani Lumajang Terus Bergerak Tingkatkan Perekonomian Lumajang


					Saat petani di Desa Jatigono memanen cabai rawit merah.
Perbesar

Saat petani di Desa Jatigono memanen cabai rawit merah.

Lumajang, – Covid-19 yang terjadi beberapa tahun yang lalu sangat berdampak buruk bagi masyarakat Indonesia. Tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Lumajang.

Pada beberapa tahun sebelumnya, semua aktivitas di luar rumah dilarang oleh pemerintah. Otomatis, akibat larangan tersebut sektor perekonomian serta pertanian nyaris tak ada suara.

Namun, setelah pandemi mulai mereda dan masyarakat bisa kembali beraktivitas. Yayuk, petani di Dusun Sukorame, Desa Jatigono, Kecamatan Kunir, memiliki keinginan kuat untuk terus bergerak mengendalikan perekonomiannya.

Yayuk menyadari bahwa pemulihan pasca-pandemi harus dimulai dari langkah kecil namun berdampak besar.

Saat itu, ia mengajak petani lainnya untuk memulai kembali aktivitas penanaman di ladang yang telah lama kosong. Mereka menanam cabai rawit, tomat, dan berbagai jenis tanaman pangan lainnya.

Setiap harapan terus tumbuh dari penanaman benih-benih yang mereka tanam, dengan harapan hasil panennya bisa membantu mendongkrak perekonomiannya.

Tidak lama berselang, Yayuk mendengar bahwa apa yang mereka lakukan ternyata sejalan dengan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Lumajang.

“Alhamdulillah apa yang saya lakukan bersama petani lainnya bisa sejalan dengan Dinas Pertanian Lumajang. Dan sekarang kami sudah tidak susah lagi untuk mencari cara penanaman hingga pasca panen. Itu karena kami benar-benar dikasih bimbingan oleh dinas,” kata Yayuk, Selasa (17/9/2024).

Sementara Burhan, pedagang cabai rawit di Pasar Kunir mengungkapkan, meski harga cabai rawit murah, setidaknya untuk mengendalikan perekonomian terus berjalan.

“Kalau soal harga cabai rawit murah itu, sudah biasa, kan itu musiman, kadang mahal ya kadang murah. Saya sebagai pedagang tidak mempersoalkan soal harga, yang penting perekonomian terus berjalan,” ungkapnya.

Sekedaemr diketahui, harga cabai rawit di pasaran terbilang relatif murah. Cabai rawit merah harganya Rp28 ribu per kilogram (kg), cabai rawit hijau Rp13 ribu per (kg), dan cabai rawit putih harganya hanya Rp12 ribu per (kg).

Sementara itu, Kepala DKPP Lumajang, Retno Wulan Andari mengatakan, pihaknya bersama petani di Desa Jatigono memilih panen cabai rawit merah. Hal itu bertujuan untuk menaikan harga cabai rawit.

“Sebelum dilakukan pembinaan, kebanyakan petani memanennya dicampur, ada yang merah, hijau dan putih. Kalau sekarang kami selaku Dinas Pertanian menganjurkan untuk panen cabai rawit merah saja,” tutur Retno. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gerbas Tani di Desa Kedungrejo Jadi Replikasi Percontohan di Daerah Lumajang

19 September 2024 - 14:46 WIB

Petani di Pasrujambe Lumajang Minta Saluran Irigasi

17 September 2024 - 18:31 WIB

Harga Kopi Senduro Lumajang Naik, Petani Senang

15 September 2024 - 16:22 WIB

Serangan Hama Tikus Tak Menyurutkan Petani Lumajang Tetap Tanam Padi

10 September 2024 - 15:39 WIB

Terdampak PMK, Produksi Susu Sapi di Lumajang Menurun

10 September 2024 - 13:38 WIB

Harga Cengkeh di Lereng Semeru Lumajang Turun, Petani Menjerit

3 September 2024 - 12:16 WIB

Berantas Mafia Pupuk, Kejari Kabupaten Probolinggo Gandeng LIRA

20 Agustus 2024 - 20:57 WIB

Bansos bagi Masyarakat Miskin dan Stunting Ngadat, Pemkab Lumajang; Sabar

20 Agustus 2024 - 17:38 WIB

Bangun Big Data UMKM, Pemkab Lumajang Sebar Enumerator

10 Agustus 2024 - 23:02 WIB

Trending di Ekonomi