Menu

Mode Gelap
Bawaslu Peringatkan Bahaya Politik Uang, Pemberi dan Penerima Dapat Dipenjara 6 Tahun Bawaslu Batalkan Keputusan KPU, Gus Irsyad Dipastikan Dilantik sebagai Anggota DPR RI Musim Kemarau, 14 Desa di Kabupaten Probolinggo Krisis Air Bersih Gunakan KTP Palsu, Spesialis Penggelapan Mobil Rental Ditangkap Jajal Adrenalin, Naik Jip Susuri Jalur Mata Air Gunung Semeru Pasutri di Lumajang Terbakar, Istri Meninggal

Politik · 24 Sep 2024 12:32 WIB

Pj Bupati Harapkan Dua Paslon Bupati Lumajang Junjung Tinggi Nilai Demokrasi


					Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menyampaikan, pengundian nomor urut tersebut bukan hanya sekedar penetapan angka, tetapi merupakan simbol dimulainya kompetisi yang sehat. (Foto : Asmadi) Perbesar

Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menyampaikan, pengundian nomor urut tersebut bukan hanya sekedar penetapan angka, tetapi merupakan simbol dimulainya kompetisi yang sehat. (Foto : Asmadi)

Lumajang, – Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni bersama Forkopimda Kabupaten Lumajang menghadiri Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang pada Pilkada Serentak Tahun 2024, di gedung Rock Convention Center (RCC) Jalan Lintas Timur (JLT) Lumajang, Senin (23/9/2024).

Rapat Pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Henariza Febriadmadja, tersebut merupakan bagian penting dari tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024, di mana sebelumnya KPU Kabupaten Lumajang telah menetapkan dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lumajang yang akan berlaga pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Untuk diketahui, pengundian nomor urut paslon dihadiri jajaran tim dan pendukung pasangan calon pemenangan yang akan bertarung di Pilbup Kabupaten Lumajang 2024.

Untuk diketahui, pasangan nomor urut 1 Thoriqul Haq dengan Lucita Izza Rafika diusung oleh 5 Partai seperti PAN, PKB, PPP, PKN, dan PSI.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 Indah Amperawati dan Yudha Adji Kusuma diusung oleh 11 partai politik.  Yakni, Partai Nasdem, PKS, Golkar, Gerindra, PDI-P, Demokrat, Perindo, Partai Buruh, Partai Garuda, PBB, dan Partai Gelora.

Ketua KPU Lumajang Hanariza mengatakan dua paslon sudah dapat menggunakan nomor urut yang sudah diundi hari ini.

“Penetapan nomor urut paslon ini dilaksanakan sesuai regulasi dalam Pasal 121 Peraturan KPU RI Nomor 8/2024 yang telah diubah dengan Peraturan KPU RI Nomor 10/2024,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menyampaikan, pengundian nomor urut tersebut bukan hanya sekedar penetapan angka, tetapi merupakan simbol dimulainya kompetisi yang sehat, jujur, dan adil untuk menentukan siapa yang nantinya akan memimpin Kabupaten Lumajang selama lima tahun ke depan.

“Saya berharap agar seluruh calon dan tim kampanye dapat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, menjaga ketertiban, dan mengutamakan kedamaian selama proses pemilihan berlangsung,” katanya.

Selanjutnya, ia juga mengajak untuk terus berkomitmen bahwa demokrasi yang berjalan harus berdasarkan prinsip luber dan jurdil, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Mari kita bersama-sama menjadikan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Lumajang sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, semangat gotong royong dalam membangun Kabupaten Lumajang yang lebih baik,” imbuhnya.

Lebih jauh, Indah Wahyuni berpesan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta seluruh penyelenggara Pemilu berkomitmen untuk memastikan setiap tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak, baik calon, tim kampanye, maupun masyarakat umum, untuk turut serta menjaga proses demokrasi ini tetap berjalan dengan baik, lancar dan kondusif, serta tingkat partisipasi masyarakat pemilih yang tinggi,” pungkasnya. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bawaslu Peringatkan Bahaya Politik Uang, Pemberi dan Penerima Dapat Dipenjara 6 Tahun

28 September 2024 - 13:28 WIB

Bawaslu Batalkan Keputusan KPU, Gus Irsyad Dipastikan Dilantik sebagai Anggota DPR RI

28 September 2024 - 07:33 WIB

Kampanye Perdana, Gus Haris Blusukan ke Pasar, Ra Fahmi Sambangi Nelayan dan Petani

26 September 2024 - 12:18 WIB

Dua Paslon Bupati – Wakil Bupati Probolinggo Akhirnya Setor Laporan Awal Dana Kampanye

25 September 2024 - 19:36 WIB

Massa Sahabat Gus Irsyad Desak KPU Batalkan Pergantian Caleg Terpilih

25 September 2024 - 16:40 WIB

Kampanye Pilkada Serentak 2024 Dimulai, ini Larangan yang Berlaku di Kota Probolinggo

25 September 2024 - 15:20 WIB

Belum Setorkan LADK, Dua Paslon Bupati – Wakil Bupati Probolinggo Terancam Dilarang Kampanye

24 September 2024 - 20:49 WIB

Pilkada 2024, Jumlah TPS dan Kotak Suara di Probolinggo Berkurang Drastis

24 September 2024 - 18:59 WIB

Ini Janji Politik Pasangan Bunda Indah dan Mas Yudha kepada Petani Lumajang

24 September 2024 - 12:19 WIB

Trending di Politik