Menu

Mode Gelap
Musim Kemarau, 16 Desa di Kabupaten Probolinggo Krisis Air Bersih Gunakan KTP Palsu, Spesialis Penggelapan Mobil Rental Ditangkap Jajal Adrenalin, Naik Jip Susuri Jalur Mata Air Gunung Semeru Pasutri di Lumajang Terbakar, Istri Meninggal Bikin Bangga! Atlet Kota Probolinggo Sumbang 9 Medali dalam Ajang PON ke-21 Sah! Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Dilantik

Lingkungan · 27 Sep 2024 14:39 WIB

Musim Kemarau, 16 Desa di Kabupaten Probolinggo Krisis Air Bersih


					DROPING AIR: Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengisi jeriken warga dengan air bersih. (istimewa)
Perbesar

DROPING AIR: Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengisi jeriken warga dengan air bersih. (istimewa)

Probolinggo,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Probolinggo terus menerima permintaan suplai air bersih ke sejumlah desa, yang mulai dilanda krisis air bersih.

Dari data BPBD Kabupaten Probolinggo, sudah ada 16 desa di 6 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo, yang secara resmi telah mengajukan permintaan bantuan air bersih.

Permintaan ini sudah ditindaklanjuti dengan pengiriman air bersih ke desa-desa tersebut. Dalam sekejap, air bantuan ludes diserbu warga.

Adapun desa-desa yang mengalami krisis air bersih diantaranya Desa Jatisari, dan Puskesmas Kuripan di Kecamatan Kuripan; Desa Tigasan Kulon, dan Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces; dan Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto.

Kemudian Desa Bulujaran Kidul, Desa Bulujaran Lor, Desa Gunung Bekkel, Desa Malasan Wetan, Desa Paras, dan Desa Tegalsono, yang seluruhnya berada di Kecamatan Tegalsiwalan.

“Jadi untuk suplai air bersih yang sudah dikirim ke 16 desa di Kabupaten Probolinggo, sudah berjalan selama satu bulan ini,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Mohammad Zubaidulloh.

Dari 16 desa yang telah di suplai air bersih, rata-rata kebutuhan air bersih mencapai 10 ribu liter. Namun yang terbanyak mencapai 63 ribu liter, yakni Desa Bulujaran Lor.

Secara keseluruhan, total BPBD Kabupaten Probolinggo telah mensuplai air bersih sebanyak 498 ribu liter. Namun jumlah  tersebut berpotensi bertambah dalam beberapa hari kedepan.

Permintaan air bersih di 16 desa itu, sejauh ini nyaris sama jumlahnya dengan distribusi air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Probolinggo tahun lalu.

“Di Kabupaten Probolinggo masih belum terjadi musim penghujan. Menurut BMKG, hujan yang terjadi di sebagian wilayah Probolinggo khususnya daerah pegunungan merupakan hujan lokal,” imbuh Zubaidulloh. (*)

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Meski Turun Hujan, BPBD Lumajang Masih Tetapkan Siaga Darurat Kekeringan

26 September 2024 - 11:37 WIB

Taklukkan Jalur Ekstrim, Polisi Kembali Temukan Ladang Ganja di Lumajang

23 September 2024 - 22:27 WIB

Polres Lumajang Temukan 10 Kilogram Ganja Kering

20 September 2024 - 19:34 WIB

Polres Lumajang Temukan 10.000 Batang Ganja di 16 Titik

20 September 2024 - 19:15 WIB

Warga Argosari Lumajang Kaget Ada 365 Pohon Ganja di Kawasan TNBTS

20 September 2024 - 16:37 WIB

Tiga Lokasi di Kawasan TNBTS Senduro Lumajang Ditanami Ganja

18 September 2024 - 18:10 WIB

Jalan Perbatasan Probolinggo – Jember Amburadul, Warga Perbaiki Secara Swadaya

17 September 2024 - 18:59 WIB

Jalan Amblas Terkena Abrasi, Warga Nekat Melintasi

10 September 2024 - 10:57 WIB

Gelombang Tinggi, Nelayan Lumajang Berhenti Tangkap Ikan

8 September 2024 - 15:47 WIB

Trending di Lingkungan