Menu

Mode Gelap
Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang Terduga Pelaku Pencabulan Anak di Bantaran Mangkir Panggilan Polisi Tidak Berniat Membunuh, Hanya Ingin Memberi Pelajaran PJU Kurang dan Tanpa Sekat Pembatas Jalan Picu Lakalantas di Piket Nol Pelaku Pembacokan Sopir Truk di Pasuruan Ternyata Residivis Kasus Serupa

Sosial · 2 Okt 2024 16:52 WIB

Petilasan Palsu Maulana Ishaq dan Patung Bintaos Kembali Muncul di Probolinggo


					DIBAHAS: Suasana rapat bakorpakem membahas Patung Bintaos Tiris dan Petilasan Palsu Maulana Ishaq di aula Kejari Kabupaten Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu)
Perbesar

DIBAHAS: Suasana rapat bakorpakem membahas Patung Bintaos Tiris dan Petilasan Palsu Maulana Ishaq di aula Kejari Kabupaten Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu)

Probolinggo,- Badan Koordinasi Paham Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi, Rabu (2/10/2024).

Hal ini tidak terlepas dari munculnya dugaan adanya dua aliran menyimpang di Kabupaten Probolinggo.

Dalam pertemuan yang digelar di aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo tersebut, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, KH Abdul Wasik Hannan mengatakan, ada dua hal yang menjadi pembahasan.

Pertama, munculnya patung Bintaos berbentuk Tari Gandrung di Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris. Kedua, petilasan palsu yang dikeramatkan di Desa Gerongan, Kecamatan Maron.

“Yang Bintaos itu dibuat oleh Nur Slamet dari Ganting Wetan, Maron. Sedangkan yang petilasan itu dibuat oleh orang Desa Segaran, Kecamatan Tiris,” kata Wasik, Rabu (2/10/2024).

Ia menjelaskan, ini bukanlah kali pertama Nur Slamet membuat patung Bintaos. Beberapa tahun sebelumnya, Slamet pernah membangun patung bintaos dengan ukuran raksasa di Desa Ganting Wetan, Kecamatan Maron.

Namun, patung itu dirobohkan karena menuai kontroversi di tengah masyarakat. Sedangkan petilasan yang ada di Desa Gerongan, Kecamatan Maron, merupakan petilasan palsu Maulana Ishaq yang membuat masyarakat sekitar resah.

Petilasan tersebut sebelumnya sudah pernah dibongkar pada 2023 lalu, namun belakangan ini lokasi petilasan tersebut kembali sering dikunjungi orang, terlebih setelah dibangun musalla di lokasi petilasan tersebut.

“Berdasarkan kajian kami, petilasan tersebut adalah palsu. Dan kegiatan yang ada di lokasi tersebut juga menyimpang,” paparnya.

Lebih lanjut kiai Wasik menjelaskan, kegiatan menyimpang yang ada di lokasi tersebut sangat jelas terjadi saban malam Kamis tiba. Sejumlah masyarakat secara rutin menggelar istighosah di musalla petilasan tersebut.

“Ini sudah menyimpang, bacaan istighosah yang dilakukan itu sudah tidak sesuai, tidak benar, makanya kami pastikan itu adalah menyimpang,” tandas dia.

Sementara itu, Kepala Kejari Kabupaten Probolinggo yang sekaligus Ketua Bakorpakem Ahmad Nuril Alam melalui Kasi Intel mengatakan, pihaknya akan terus melakukan kajian secara komprehensif terhadap dua lokasi yang memunculkan kontroversi di masyarakat ini.

Pihaknya akan kembali berkumpul dengan para stakeholder guna menentukan kebijakan lebih lanjut.

“Kami kaji secara komprehensif dulu. Contoh yang patung bintaos itu, apa itu dimaksudkan untuk karya seni atau bagaimana, jadi kami kaji dulu,” ujarnya. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 66 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Awal Oktober 2024, Ada 1.510 Janda Baru di Probolinggo

4 Oktober 2024 - 19:01 WIB

Dua Bulan Rute Diperpanjang, KA Blambangan Expres Diserbu 50 Ribu Penumpang

4 Oktober 2024 - 18:35 WIB

Di Pronojiwo dan Tempursari Banyak Beredar Rokok Ilegal, Satpol PP Akan Operasi

3 Oktober 2024 - 18:20 WIB

Festival Musik Kebangsaan, Meriahkan Bulan Bhakti Karang Taruna di Probolinggo

29 September 2024 - 21:44 WIB

Puluhan Peternak Kontes Kambing dan Domba Pasuruan, Kambing Juara Nasional Ikut Bersaing

28 September 2024 - 15:18 WIB

Dituntut Tuntaskan Ganja dan Gantung Diri, Ini Jawaban Polres

26 September 2024 - 16:13 WIB

Aksi Damai di Polres Lumajang Desak Usut Tuntas Kasus Ganja

26 September 2024 - 15:37 WIB

Hari Terakhir Libur Maulid, KAI Daop 9 Jember Berangkatkan 10 Ribu Penumpang

16 September 2024 - 21:22 WIB

Seperti Era Kerajaan, Petani Lumajang Saling Serang Lawan Tikus

16 September 2024 - 15:46 WIB

Trending di Sosial