Menu

Mode Gelap
Paus Pilot Masih Anakan, Terdampar di Pantai Probolinggo Akibat Terpisah dengan Koloni Maling Uang Kotak Amal Masjid An-Nur Ditangkap, Begini Tampangnya Haru! Anak Berkebutuhan Khusus yang Sempat Dikira Korban Bullying Dapat Tali Asih Paus Pilot Sepanjang 6 Meter Terdampar di Pantai Mayangan Probolinggo Uji Emisi Masih Dianggap Sepele oleh Masyarakat Lumajang Berhari-hari Tidak Masuk Sekolah, Guru SMKN Wonomerto Ditemukan Meninggal di Rumahnya

Peristiwa · 18 Okt 2024 18:46 WIB

Paus Pilot Sepanjang 6 Meter Terdampar di Pantai Mayangan Probolinggo


					TERDAMPAR: Warga sedang melihat Paus Pilot yang terdampar di Pantai Mayangan Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani). Perbesar

TERDAMPAR: Warga sedang melihat Paus Pilot yang terdampar di Pantai Mayangan Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Probolinggo,- Se-ekor Paus Pilot, terdampar di pantai utara Kota Probolinggo, tepatnya di pesisir Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Jum’at (18/10/24) sore.

Terdamparnya mamalia langka itu diketahui oleh warga pencari kerang, sekitar pukul 15.00 WIB. Awalnya pencari kerang mengira paus pilot itu merupakan tumpukan jaring, namun nyatanya se-ekor satwa.

“Setelah saya pastikan itu ikan paus, maka langsung saya laporkan ke ketua kelompok nelayan, yang diteruskan ke pihak terkait,” ujar penemu Paus Pilot, Sugianto.

Saat ditemukan, kondisi Paus Pilot masih hidup, namun cukup lemah. Diduga sebelum terdampar, paus tersebut sempat berenang di sekitar pantai.

“Namun saat air laut surut, paus tersebut sepertinya tidak bisa kembali ke tengah laut sehingga akhirnya terdampar,” terka Sugianto.

Di perairan Probolinggo, imbuh Sugianto, jarang terjadi Paus Pilot bermigrasi apalagi sampai terdampar. Berbeda dengan Hiu Tutul yang hampir setiap tahun sering terlihat.

“Panjang Paus Pilot ini sekitar 5 hingga 6 meter. Jadi karena masih hidup, warga saat ini terus menyirami paus tersebut agar bisa bertahan hidup, hingga air laut kembali pasang,” imbuh dia.

Sekedar informasi, Paus Pilot dengan nama latin ‘Globicephala Macrorhynchus’ adalah spesies laut yang gemar tinggal di perairan beriklim hangat dan perairan tropis, seperti Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Paus pilot merupakan hewan yang hidup secara berkelompok, berkisar antara 15 hingga 30 ekor paus yang masih berkerabat. Paus Pilot ada yang bersirip panjang namun ada pula yang memiliki sirip pendek. (*)

 


Editor: Mohammad S

Publisher: Keyra


Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Berhari-hari Tidak Masuk Sekolah, Guru SMKN Wonomerto Ditemukan Meninggal di Rumahnya

18 Oktober 2024 - 15:56 WIB

Pelajar SD yang Sempat Dikira Korban Perundungan, Segera Jalani Terapi Mental

16 Oktober 2024 - 19:51 WIB

Heboh Dugaan Bullying Pelajar SD di Lereng Bromo, Orang Tua Beri Klarifikasi

15 Oktober 2024 - 19:37 WIB

Diawali Bakar Sampah, Gudang Bawang Merah di Kedunggaleng Kota Probolinggo Ludes Terbakar

15 Oktober 2024 - 15:17 WIB

Kondisi Petugas Dishub Kota Pasuruan yang Diduga Keracunan Air Aki Mulai Membaik

14 Oktober 2024 - 16:33 WIB

Diduga Bom, Kata Kades Bodang Ternyata Petasan Rakitan

14 Oktober 2024 - 14:56 WIB

Ledakan Bom Ikan Lukai 3 Orang di Lumajang, Polisi Selidiki Penyebab Kejadian

14 Oktober 2024 - 10:10 WIB

Blarr! Ledakan Bom Ikan Hancurkan Rumah di Lumajang, 3 Orang Luka

14 Oktober 2024 - 08:50 WIB

Diduga Keracunan Air Aki, Koordinator Parkir Wisata Kota Pasuruan Dilarikan ke Rumah Sakit

11 Oktober 2024 - 17:38 WIB

Trending di Peristiwa