Menu

Mode Gelap
Pariwisata Lumajang Jadi Tolok Ukur Perkembangan UMKM Daerah Era Baru NU Kota Probolinggo Dimulai, Tiga Pilar jadi Spirit Gerakan Antisipasi Cuaca Ekstrem dan Pulihkan Ekosistem, Gunung Arjuno-Welirang Tutup Sementara Mulai 1 November Jatim dan Bali Tanpa Hujan Selama 2 Bulan, BMKG Tetapkan Status Awas Kekeringan Meteorologis Pemkab Probolinggo Siapkan Skema Dana Hibah Demi Bantu Pembangunan Gedung PTNU Bangun SDM Unggul Berdaya Saing, Gus Haris Serahkan 110 Beasiswa KIP Kuliah

Wisata · 27 Okt 2024 19:36 WIB

Pariwisata Lumajang Jadi Tolok Ukur Perkembangan UMKM Daerah


					Ranu Regulo di lereng Gunung Semeru, Lumajang. (Foto: Istimewa) Perbesar

Ranu Regulo di lereng Gunung Semeru, Lumajang. (Foto: Istimewa)

Lumajang, – Kabupaten Lumajang terus berupaya mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan berbagai objek pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, pengembangan sektor wisata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, diharakan dapat mengangkat kesejahteraan pelaku UMKM.

“Berkembangnya sektor pariwisata dan UMKM di Lumajang terus meningkat. Untuk itu, kami akan terus mengembangkan sektor pariwisata dan UMKM Lumajang,” kata Yuli saat dikonfirmasi, Sabtu (26/10/24).

Menurutnya, kedua sektor ini saling berkaitan dan berpotensi untuk menyejahterakan masyarakat jika dikelola dengan baik.

“Pariwisata yang berkembang akan secara langsung mendorong peningkatan aktivitas UMKM. Dua bidang ini tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Pariwisata, kata dia, bisa menciptakan pasar baru bagi produk-produk lokal. Oleh karena itu, pemberdayaan UMKM melalui kegiatan pariwisata dipandang sebagai langkah strategis untuk menggerakkan perekonomian daerah.

“Produk lokal seperti kerajinan tangan, kuliner khas, dan jasa wisata dapat berkembang pesat dengan dukungan pembinaan promosi dan pembinaan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Lumajang banyak memiliki destinasi wisata. Selain Puncak B29, juga terdapat Air Terjun Tumpak Sewu yang menjadi daya tarik wisatawan dari mancanegara.

“Kabupaten Lumajang juga memiliki objek wisata seperti, Air Terjun Kapas Biru, Grojogan Sewu, Hutan Pinus, dan Sarkawi yang memiliki background Gunung Semeru,” pungkasnya. (*)

 

 


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Keyra


 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

BB TNBTS Naikkan Tarif Tiket Masuk Bromo, ini Besarannya

25 Oktober 2024 - 16:15 WIB

Warung Godhong Gedhang Lumajang Sajikan Panorama Pedesaan dan Pemandangan Alam Pegunungan

20 Oktober 2024 - 08:08 WIB

Kunjungan Wisatawan Asing ke Jatim Meningkat Tajam, Naik 77,33 Persen

13 Oktober 2024 - 11:43 WIB

Jajal Adrenalin, Naik Jip Susuri Jalur Mata Air Gunung Semeru

27 September 2024 - 13:16 WIB

Grojokan Sewu Lumajang Masuk Enam Besar di Dunia, dan Dua Besar di Asia

25 September 2024 - 17:01 WIB

Puncak B29 Negeri di Atas Awan Sajikan Panorama Alam Menakjubkan

22 September 2024 - 08:29 WIB

Memupus Kejenuhan di Hutan Pinus Lumajang

15 September 2024 - 10:27 WIB

Ranu Regulo, Suasana Camping Ala Eropa di Lumajang

15 September 2024 - 10:13 WIB

Indahnya Sunrise di Ranu Regulo di Lereng Semeru Lumajang

13 September 2024 - 09:32 WIB

Trending di Wisata